RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP NEGERI 1 NGAGLIK
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas/
Semester
|
:
|
VII/ 1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
6 JP ( 3x 40 menit/ 2x pertemuan )
|
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1
Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai
permainan bola sederhana dan atau tradisional.*)
|
3.1.1. Mengidentifikasikan berbagai keterampilan
gerak melempar, menangkap, dan menggiring permainan bola basket.
3.1.2. Menjelaskan berbagai keterampilan gerak
melempar, menangkap, dan menggiring permainan bola basket.
3.1.3. Menjelaskan cara melakukan berbagai keterampilan
gerak melempar, menangkap, dan menggiring permainan bola basket.
|
4.1. Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola
besar sederhana dan atau tradisional.
|
4.1.1. Melakukan berbagai berbagai keterampilan
gerak melempar, menangkap, dan menggiring permainan bola basket.
4.1.2. Menggunakan berbagai keterampilan gerak
melempar, menangkap, dan menggiring permainan bola basket permainan bola basket dalam bentuk permainan bola basket yang dimodifikasi.
|
C. Materi Pembelajaran
1.
Materi
Pembelajaran Reguler
a.
![]() |
Lapangan basket
![]() |
Luas lapangan basket panjang 28,5 meter lebar 15 meter (NBA) dan untuk FIBA Panjang 26 meter lebar 14 meter.
b.
Passing dari atas kepala
c.
![]() |
Passing setinggi dada
d.
Menggiring bola basket

2.
Materi
Pembelajaran Remedial
Pada dasarnya materi pembelajaran remedial adalah materi pembelajaran
regular yang disederhanakan sehingga lebih mudah dipahami dan dilakukan
3.
Materi
Pembelajaran Pengayaan
Materi pengayaan dikembangkan dari materi pembelajaran regular dengan
meningkatkan faktor kesulitan dan peraturan serta strategi permainan bola
basket sesungguhnya
D.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
||
1.
|
Pendahuluan
:
Kegiatan pendahuluan yang harus dilakukan oleh guru antara lain sebagai berikut.
·
Siswa mengucapkan
salam atau selamat siang kepada siswa.
·
Sebelum melakukan pembelajaran
sebaiknya seluruh siswa dan guru berdoa dan bersalaman.
·
Tanyakan
kondisi kesehatan siswa secara umum.
·
Menyampaikan
Kompetensi Dasar yang harus dikuasai.
·
Menjelaskan cakupan
materi dan tujuan pembelajaran bola basket
·
Menyampaikan tehnik penilaian
untuk kompetensi yang harus dikuasai, baik kompetensi sikap spiritual dengan
observasi dalam bentuk jurnal, kompetensi pengetahuan dan kompetensi
ketrampilan.
|
5 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti :
Penciptaan situasi (stimulasi)
·
Siswa membaca
buku dan mengamati gambar tentang bola basket
·
Siswa menerima pertanyaan dari
guru tentang hal yang berkaitan dengan bola
basket passing dan menggiring bola.
|
30 menit
|
Identifikasi Masalah
· Siswa
mengerti tentang bola basket passing dan menggiring bola.
· Siswa
mengidentifikasi otot-otot yang berperan secara dominan pada gerakan bola basket passing dan menggiring
bola.
· Siswa
memahami prosedur melakukan bola basket passing dan menggiring bola.
|
||
Pengumpulan data
·
Siswa disuruh menjelaskan
tentang bola basket passing dan menggiring
bola.
|
||
Pengolahan data
·
Siswa mencermati kembali (mengasosiasi) apa yang telah
dituliskan tentang bola basket passing dan menggiring bola.
|
||
Pembuktian
·
Siswa melakukan pemeriksaan kembali
dengan cermat untuk membuktikan temuannya dengan hipotesisnya
|
||
Menarik Kesimpulan
·
Siswa menyimpulan tentang pengertian
bola basket
passing dan menggiring bola.
· Siswa mempresentasikan (mengkomunikasikan) hasil pembelajaran dan latihan di depan kelas
|
||
3.
|
Penutup :
· Guru melakukan tanya jawab dengan siswa yang
berkenaan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan. (konfirmasi, penilaian kognitif)
· Menginformasikan
materi minggu depan, berdoa dan
bersalaman.
|
5 menit
|
Pertemuan 2
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
||
1.
|
Pendahuluan
:
Kegiatan pendahuluan yang harus dilakukan oleh guru antara lain sebagai berikut.
·
Siswa mengucapkan
salam atau selamat siang kepada siswa.
·
Sebelum melakukan
pembelajaran sebaiknya seluruh siswadan guru berdoa dan bersalaman.
·
Tanyakan
kondisi kesehatan siswa secara umum.
o
Guru harus memastikan bahwa semua siswa dalam
keadaan sehat, dan bila kedapatan siswa menderita penyakit kronis
harus diperlakukan secara khusus.
·
Menyampaikan
Kompetensi Dasar yang harus dikuasai.
·
Menjelaskan
cakupan materi dan tujuan pembelajaran tentang bola basket passing dan menggiring bola.
·
Menyampaikan tehnik penilaian
untuk kompetensi yang harus dikuasai, baik kompetensi sikap spiritual dengan
observasi dalam bentuk jurnal, kompetensi pengetahuan dan kompetensi
ketrampilan.
· Siswa melakukan pemanasan
menggunakan permainan bola tangan
|
20 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti :
Penciptaan situasi (stimulasi)
·
Siswa membaca
buku dan mengamati gambar bola basket passing dan menggiring bola.
·
Siswa menerima pertanyaan dari
guru tentang hal yang berkaitan dengan latihan bola basket passing dan menggiring bola..
·
Siswa mencoba melakukan latihan bola
basket passing dan menggiring bola.
|
45 menit
|
Identifikasi Masalah
· Siswa
mengerti tentang definisi bola basket passing dan menggiring bola.
Siswa memahami prosedur
melakukan bola
basket passing dan menggiring bola.
|
||
Pengumpulan data
·
Siswa dibagi menjadi 2 kelompok.
Tiap-tiap kelompok menempati pos masing-masing.
· Pada
tiap-tiap pos siswa dibagi lagi menjadi 2 kelompok. Dan melaukan passing dari atas kepala dan depan
dadan bergantian.
· Kembali ke dua kelompok melakukan menggiring
bola dari dua kelompok
·
Siswa menuliskan hasil yang
diperoleh dari latihan mengenai bola basket passing dan menggiring bola..
|
||
Pengolahan data
·
Siswa mencermati kembali (mengasosiasi) apa yang telah
dituliskan tentang pengertian bola basket passing dan menggiring
bola.
|
||
Pembuktian
·
Siswa melakukan pemeriksaan kembali
dengan cermat untuk membuktikan temuannya dengan hipotesisnya
|
||
Menarik Kesimpulan
·
Siswa menyimpulan tentang pengertian,
bola basket
passing dan menggiring bola.
· Siswa mempresentasikan (mengkomunikasikan) hasil pembelajaran dan latihan di depan kelas
|
||
3.
|
Penutup :
· Guru melakukan tanya jawab dengan siswa yang
berkenaan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan. (konfirmasi, penilaian kognitif)
· Melakukan pelepasan dan pendinginan yang
dipimpin guru atau salah satu siswa yang dianggap mampu.
· Menginformasikan
materi minggu depan, berdoa dan
bersalaman.
|
15 menit
|
E.
Penilaian (terlampir)
1.
Jenis/teknik penilaian
2.
Bentuk instrumen dan
Pedoman
penskoran
F.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat
a. Bola basket
b. Cone
c. Peluit
d. Stopwatch
2.
Sumber Belajar
a.
Buku siswa: Muhajir. 2016. PJOK. Jakarta: Kemdikbud
b.
Buku guru: Muhajir. 2016. PJOK. Jakarta: Kemdikbud
Mengetahui
Guru Pembimbing Guru Mata Pelajaran
Muhammad
Azwar Anas, S.Pd Kor Erlan
Dwi Rusianto
NIM
13601241086
Lampiran 1.
1. Rancangan Penilaian :
No
|
Kompetensi Dasar
|
Teknik Penilaian
|
Ket.
|
|
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
|||
3
|
3.5 Memahami konsep latihan Bola Basket
|
Tes
tertulis
|
·
Diberikan dijam
pertama dengan dura si 20 menit.
·
Bentuk
soal pilihan
ganda
·
Jumlah
soal : 20 butir
|
|
4
|
4.5 Mempraktikkan latihan bola basket
|
Praktik
|
·
Dilakukan pada saat proses pembelajaran (penilaian
proses)
·
Penilaian produk dilakukan akhir pembelajaran inti
|
2.
Penilaian Sikap
1.
Penilaian
Sikap Spritual
a.
Teknik Penilaian
Pengamatan oleh teman sejawat
b.
Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran
Lembar pengamatan sikap spritual
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
Petugas Pengamatan : ...........................................................
1)
Petunjuk Penilaian
Berikan
tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik
menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
2)
Rubrik Penilaian
Sikap Spritual
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Berdoa sebelum dan sesudah
melakukan sesuatu.
|
||||
2.
|
Mengucapkan rasa syukur atas
karunia Tuhan.
|
||||
3.
|
Memberi salam sebelum dan sesudah
menyampaikan pendapat/presentasi.
|
||||
4.
|
Mengungkapkan kekaguman secara
lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan.
|
||||
5.
|
Merasakan keberadaan dan
kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan.
|
||||
Jumlah
skor maksimal = 20
|
c.
Pedoman penskoran
1)
Penskoran
Skor 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan.
Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
Skor 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan sering tidak melakukan.
Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2)
Pengolahan
skor
Skor maksimum: 20
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta
didik: SP/20 X 4
Rentang nilai sikap spritual:
Nilai ketuntasan
kompetensi sikap dituangkan dalam bentuk angka dan predikat, yakni 1,00 – 4,00
untuk angka yang ekuivalen dengan predikat Kurang (K), Cukup (C), Baik (B), dan
Sangat Baik (SB) sebagaimana tertera pada tabel berikut.
Angka
|
Predikat
|
4.00
|
Sangat Baik (Sb)
|
3.00
|
Baik (B)
|
2.00
|
Cukup (C)
|
1.00
|
Kurang (K)
|
2.
Penilaian
Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian
Pengamatan oleh teman sejawat
b.
Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran
Lembar pengamatan sikap social
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
Petugas Pengamatan : ...........................................................
1)
Petunjuk Penilaian
Berikan
tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik
menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
2)
Rubrik Penilaian
Sikap Sosial
No.
|
ASPEK
|
SKOR (1 - 4)
|
1.
|
Kerja sama
a. Sebagai
anggota melibatkan diri dan mengambil peran secara aktif dalam kelompok.
b. Sebagai
anggota kelompok berbagi tugas dengan anggota lain (tidak mendominasi).
c. Tidak
mengganggu peserta didik yang lain.
d. Membantu
mempersiapkan dan merapikan peralatan pembelajaran.
|
|
2.
|
Sportifitas
a. Mengikuti
aktivitas dengan taat pada peraturan yang berlaku.
b. Menghormati
sesama teman dalam melakukan aktivitas.
c. Tidak
menyalahkan teman yang lain apabila terjadi kesalahan dalam melakukan
sesuatu.
d. Menerima
kemenangan dan kekalahan dengan lapang dada dalam melakukan aktivitas
jasmani.
|
|
3.
|
Tanggung Jawab
a. Sebagai peserta didik mengerjakan tugas-tugas dengan
baik.
b. Berani menerima resiko atas tindakan yang dilakukan.
c. Mengembalikan barang yang dipinjamkan dari orang lain.
d. Berani meminta maaf jika melakukan kesalahan yang
merugikan orang lain.
|
|
4.
|
Disiplin
a. Hadir
tepat waktu.
b. Menggunakan
pakaian olahraga yang telah ditetapkan oleh sekolah.
c. Mengikuti
seluruh proses pembelajaran sesuai dengan prosedur kerja.
d. Mengerjakan
tugas yang diberikan tepat waktu.
|
|
TOTAL SKOR = 16
|
c.
Pedoman Penskoran
1)
Penskoran
Skor 4, jika seluruh indikator
ditunjukkan oleh teman yang diamati.
Skor 3, jika tiga indikator ditunjukkan
oleh teman yang diamati.
Skor 2, jika dua indikator ditunjukkan
oleh teman yang diamati.
Skor 1, jika hanya satu indikator
ditunjukkan oleh teman yang diamati.
2)
Pengolahan
skor
Skor maksimum: 16
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta
didik: SP/16 X 4
Rentang nilai sikap:
Nilai ketuntasan
kompetensi sikap dituangkan dalam bentuk angka dan predikat, yakni 1,00 – 4,00
untuk angka yang ekuivalen dengan predikat Kurang (K), Cukup (C), Baik (B), dan
Sangat Baik (SB) sebagaimana tertera pada tabel berikut.
Angka
|
Predikat
|
4.00
|
Sangat Baik (Sb)
|
3.00
|
Baik (B)
|
2.00
|
Cukup (C)
|
1.00
|
Kurang (K)
|
3. Penilaian Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian
Ujian tulis
b.
Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran
Soal ujian tulis
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
No
|
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
|
Jawaban
|
1.
|
Fakta
a. Sebutkan
berbagai keterampilan gerak melempar dan menangkap bola permainan bola basket!
b. Sebutkan
berbagai keterampilan gerak menggiring bola permainan bola basket!
|
|
2.
|
Konsep
a. Jelaskan
berbagai keterampilan gerak melempar dan menangkap bola permainan bola basket!
b. Jelaskan
berbagai keterampilan gerak menggiring bola permainan bola basket!
|
|
3.
|
Prosedur
a. Jelaskan
cara melakukan berbagai keterampilan gerak melempar dan menangkap bola permainan
bola basket!
b. Jelaskan
cara melakukan berbagai keterampilan gerak menggiring bola permainan bola
basket!
|
c.
Pedoman
penskoran
1)
Penskoran
a)
Soal
nomor 1
1) Skor
4, jika urutan benar dan lengkap
2) Skor
3, jika urutan benar tetapi kurang lengkap
3) Skor
2, jika sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap
4) Skor
1, jika hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap.
b)
Soal
nomor 2
1) Skor
4, jika penjelasan benar dan lengkap
2) Skor
3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
3) Skor
2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
4) Skor
1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
c)
Soal nomor 3
1) Skor
4, jika urutan benar dan lengkap
2) Skor
3, jika urutan benar tetapi kurang lengkap
3) Skor
2, jika sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap
4) Skor
1, jika hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap.
2)
Pengolahan
skor
Skor maksimum: 24
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta
didik: SP/24 X 4
Rentang nilai pengetahuan:
Nilai ketuntasan kompetensi pengetahuan
dan keterampilan dituangkan dalam bentuk angka dan huruf, yakni 1,0 – 4,0 untuk
angka yang ekuivalen dengan huruf D sampai dengan A sebagaimana tertera pada
tabel berikut.
Angka
|
Predikat
|
4.00
|
A
|
3.67
|
A-
|
3.33
|
B+
|
3.00
|
B
|
2.67
|
B-
|
2.33
|
C+
|
2.00
|
C
|
1.67
|
C-
|
1.33
|
D+
|
1.00
|
D
|
4. Penilaian Keterampilan
a.
Lembar pengamatan proses variasi dan kombinasi
keterampilan gerak melempar, menangkap, dan menggiring permainan bola basket.
1)
Teknik Penilaian
Uji unjuk kerja oleh rekan sejawat (dalam
permainan)
2)
Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran
Peserta
didik diminta untuk melakukan variasi dan kombinasi keterampilan gerak
melempar, menangkap, dan menggiring permainan bola basket yang dilakukan
berpasangan, berkelompok atau dalam bentuk bermain.
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
Petugas Pengamatan :
...........................................................
a)
Petunjuk Penilaian
Berikan
tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik
menunjukkan atau menampilkan keterampilan gerak yang diharapkan.
b)
Rubrik Penilaian
Keterampilan Gerak
No.
|
Indikator Penilaian
|
Hasil Penilaian
|
||
Baik
(3)
|
Cukup (2)
|
Kurang (1)
|
||
1.
|
Sikap awalan melakukan gerakan
|
|||
2.
|
Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
|
|||
3.
|
Sikap akhir melakukan gerakan
|
|||
Skor Maksimal (9)
|
3)
Pedoman
penskoran
a)
Penskoran
(1) Sikap awalan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)
pandangan
mata ke arah datangnya bola
(b)
badan
sedikit dicondongkan ke depan dan berat badan terletak di antara kedua kaki.
(c)
lutut
ditekuk, badan condong ke depan dan jaga keseimbangan
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
(2) Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a) bola
didorong dari depan
(b) kedua
lengan lurus ke depan
(c) badan
dicondongkan ke depan
(d) pandangan
mata tertuju pada lepasnya bola
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.
(3)
Sikap akhir melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)
badan
tetap condong ke depan
(b)
pandangan
mata tertuju pada lepasnya bola
(c)
kaki
kiri ke depan dan kaki kanan di belakang
Skor Sedang jika : hanya
dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya
satu kriteria yang dilakukan secara benar.
b)
Pengolahan
skor
Skor maksimum: 9
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai keterampilan yang diperoleh
peserta didik: SP/9 X 4
Rentang nilai keterampilan:
Nilai ketuntasan kompetensi pengetahuan
dan keterampilan dituangkan dalam bentuk angka dan huruf, yakni 1,0 – 4,0 untuk
angka yang ekuivalen dengan huruf D sampai dengan A sebagaimana tertera pada
tabel berikut.
ANGKA
|
PREDIKAT
|
|
4.00
|
A
|
|
3.67
|
A-
|
|
3.33
|
B+
|
|
3.00
|
B
|
|
2.67
|
B-
|
|
2.33
|
C+
|
|
2.00
|
C
|
|
1.67
|
C-
|
|
1.33
|
D+
|
|
1.00
|
D
|
b.
Lembar pengamatan penilaian hasil keterampilan
gerak melempar, menangkap, dan menggiring permainan bola basket.
1)
Penilaian hasil keterampilan gerak melempar dan
menangkap bola
a)
Tahap pelaksanaan pengukuran
Penilaian hasil/produk keterampilan gerak melempar dan menangkap
bola dilakukan peserta didik selama 30 detik dengan dengan cara :
(1) Mula-mula
peserta didik berdiri dengan memegang bola.
(2) Setelah
petugas pengukuran memberi aba-aba “mulai” peserta didik mulai melempar dan
menangkap bola ke tembok dengan jarak 3 meter.
(3) Petugas
menghitung ulangan/pantulan bola yang dapat dilakukan oleh peserta didik.
(4) Jumlah
ulangan/pantulan bola yang dilakukan dengan benar memenuhi persyaratan dihitung
untuk diberikan skor.
b)
Konversi jumlah ulangan dengan skor
Perolehan
Nilai
|
Kriteria
Pengskoran
|
Klasifikasi
Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
……
> 20 kali
|
……
> 15 kali
|
100%
|
Sangat Baik
|
17
– 19 kali
|
12
– 14 kali
|
90%
|
Baik
|
14
– 16 kali
|
9
– 11 kali
|
80%
|
Cukup
|
11
– 13 kali
|
6
– 8 kali
|
70%
|
Kurang
|
........ < 11 kali
|
........ < 6 kali
|
60%
|
Kurang Sekali
|
2)
Penilaian hasil keterampilan gerak menggiring
bola
a)
Tahap pelaksanaan pengukuran
Penilaian hasil/produk keterampilan gerak menggiring bola
dilakukan peserta didik selama 30 detik dengan dengan cara :
(1) Mula-mula
peserta didik berdiri dengan memegang bola.
(2) Setelah
petugas pengukuran memberi aba-aba “mulai” peserta didik mulai menggiring bola
melewati rintangan (corong atau kursi yang dipasang secara zig-zag) sebanyak 10
rintangan.
(3) Petugas
menghitung ulangan/rintangan yang dilewati yang dapat dilakukan oleh peserta
didik.
(4) Jumlah
ulangan/rintangan bola yang dilakukan dengan benar memenuhi persyaratan
dihitung untuk diberikan skor.
b)
Konversi jumlah ulangan dengan skor
Perolehan
Nilai
|
Kriteria
Pengskoran
|
Klasifikasi
Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
……
> 17 rintangan
|
……
> 15 rintangan
|
100%
|
Sangat
Baik
|
14
– 16 rintangan
|
12
– 14 rintangan
|
90%
|
Baik
|
11
– 13 rintangan
|
9
– 11 rintangan
|
80%
|
Cukup
|
8
– 10 rintangan
|
6
– 8 rintangan
|
70%
|
Kurang
|
........ < 8 rintangan
|
........ < 6 rintangan
|
60%
|
Kurang
Sekali
|
c.
Penilaian hasil keterampilan gerak melempar,
menangkap dan menggiring bola
Pengolahan skor keterampilan proses dan skor keterampilan hasil
keterampilan gerak menjadi skor akhir.
Untuk memperoleh skor akhir, perlu
diberikan pembobotan sesuai dengan tujuan akhir dari pembelajaran (contoh 70%
untuk skor keterampilan proses keterampilan gerak, dan 30% untuk skor
keterampilan hasil gerak), maka skor akhir keterampilan gerak adalah :
Skor penilaian proses X
70% = .............. ditambah dengan
Skor hasil gerak X 30% = .............. sama dengan
............
No comments:
Post a Comment