Labels

RPP basket SMP penjaskes kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah
:
SMP NEGERI 1 NGAGLIK
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/ Semester
:
VII/ 1
Alokasi Waktu
:
6 JP ( 3x 40 menit/ 2x pertemuan )

A.    Kompetensi Inti
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.     Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1  Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola sederhana dan atau tradisional.*)

3.1.1. Mengidentifikasikan berbagai keterampilan gerak melempar, menangkap, dan menggiring permainan bola basket.
3.1.2. Menjelaskan berbagai keterampilan gerak melempar, menangkap, dan menggiring permainan bola basket.
3.1.3. Menjelaskan cara melakukan berbagai keterampilan gerak melempar, menangkap, dan menggiring permainan bola basket.

4.1. Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.

4.1.1. Melakukan berbagai berbagai keterampilan gerak melempar, menangkap, dan menggiring permainan bola basket.
4.1.2. Menggunakan berbagai keterampilan gerak melempar, menangkap, dan menggiring permainan bola basket permainan bola basket dalam bentuk permainan bola basket yang dimodifikasi.








C.    Materi Pembelajaran
1.      Materi Pembelajaran Reguler
a.      

Lapangan basket

     Luas lapangan basket panjang 28,5 meter lebar 15 meter (NBA) dan untuk FIBA Panjang 26 meter lebar 14 meter.
b.      Passing dari atas kepala
c.      

Passing setinggi dada







d.      Menggiring bola basket

                                    

2.      Materi Pembelajaran Remedial
Pada dasarnya materi pembelajaran remedial adalah materi pembelajaran regular yang disederhanakan sehingga lebih mudah dipahami dan dilakukan
3.      Materi Pembelajaran Pengayaan
Materi pengayaan dikembangkan dari materi pembelajaran regular dengan meningkatkan faktor kesulitan dan peraturan serta strategi permainan bola basket sesungguhnya

D.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Pendahuluan :
Kegiatan pendahuluan yang harus dilakukan oleh guru antara lain sebagai berikut.
·      Siswa mengucapkan salam atau selamat siang kepada siswa.
·      Sebelum melakukan pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan guru berdoa dan bersalaman.
·      Tanyakan kondisi kesehatan siswa secara umum.
·      Menyampaikan Kompetensi Dasar yang harus dikuasai.
·      Menjelaskan cakupan materi dan tujuan pembelajaran bola basket
·      Menyampaikan tehnik penilaian untuk kompetensi yang harus dikuasai, baik kompetensi sikap spiritual dengan observasi dalam bentuk jurnal, kompetensi pengetahuan dan kompetensi ketrampilan.

5 menit
2.
Kegiatan Inti :
Penciptaan situasi (stimulasi)
·      Siswa membaca buku dan mengamati gambar tentang bola basket
·      Siswa menerima pertanyaan dari guru tentang hal yang berkaitan dengan bola basket passing dan menggiring bola.
30 menit

Identifikasi Masalah
·     Siswa mengerti tentang bola basket passing dan menggiring bola.
·     Siswa mengidentifikasi otot-otot yang berperan secara dominan pada gerakan bola basket passing dan menggiring bola.
·     Siswa memahami prosedur melakukan bola basket passing dan menggiring bola.


Pengumpulan data
·     Siswa disuruh menjelaskan tentang bola basket passing dan menggiring bola.



Pengolahan data
·     Siswa mencermati kembali (mengasosiasi) apa yang telah dituliskan tentang bola basket passing dan menggiring bola.



Pembuktian
·     Siswa melakukan pemeriksaan kembali dengan cermat untuk membuktikan temuannya dengan hipotesisnya


Menarik Kesimpulan
·     Siswa menyimpulan tentang pengertian bola basket passing dan menggiring bola.
·     Siswa mempresentasikan (mengkomunikasikan) hasil pembelajaran dan latihan di depan kelas

3.
Penutup :
·      Guru melakukan tanya jawab dengan siswa yang berkenaan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan. (konfirmasi, penilaian kognitif)
·      Menginformasikan materi minggu depan, berdoa dan bersalaman.
5 menit

Pertemuan 2
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Pendahuluan :
Kegiatan pendahuluan yang harus dilakukan oleh guru antara lain sebagai berikut.
·      Siswa mengucapkan salam atau selamat siang kepada siswa.
·      Sebelum melakukan pembelajaran sebaiknya seluruh siswadan guru berdoa dan bersalaman.
·      Tanyakan kondisi kesehatan siswa secara umum.
o   Guru harus memastikan bahwa semua siswa dalam keadaan sehat, dan bila  kedapatan siswa menderita penyakit kronis harus diperlakukan secara khusus.
·      Menyampaikan Kompetensi Dasar yang harus dikuasai.
·      Menjelaskan cakupan materi dan tujuan pembelajaran tentang bola basket passing dan menggiring bola.
·      Menyampaikan tehnik penilaian untuk kompetensi yang harus dikuasai, baik kompetensi sikap spiritual dengan observasi dalam bentuk jurnal, kompetensi pengetahuan dan kompetensi ketrampilan.
·      Siswa melakukan pemanasan menggunakan permainan bola tangan
20 menit
2.
Kegiatan Inti :
Penciptaan situasi (stimulasi)
·      Siswa membaca buku dan mengamati gambar bola basket passing dan menggiring bola.
·      Siswa menerima pertanyaan dari guru tentang hal yang berkaitan dengan latihan bola basket passing dan menggiring bola..
·      Siswa mencoba melakukan latihan bola basket passing dan menggiring bola.
45 menit

Identifikasi Masalah
·     Siswa mengerti tentang definisi bola basket passing dan menggiring bola.
Siswa memahami prosedur melakukan bola basket passing dan menggiring bola.

Pengumpulan data
·     Siswa dibagi menjadi 2 kelompok. Tiap-tiap kelompok menempati pos masing-masing.
·     Pada tiap-tiap pos siswa dibagi lagi menjadi 2 kelompok. Dan melaukan passing dari atas kepala dan depan dadan bergantian.
·     Kembali ke dua kelompok melakukan menggiring bola dari dua  kelompok
·     Siswa menuliskan hasil yang diperoleh dari latihan mengenai bola basket passing dan menggiring bola..


Pengolahan data
·     Siswa mencermati kembali (mengasosiasi) apa yang telah dituliskan tentang pengertian bola basket passing dan menggiring bola.


Pembuktian
·     Siswa melakukan pemeriksaan kembali dengan cermat untuk membuktikan temuannya dengan hipotesisnya


Menarik Kesimpulan
·     Siswa menyimpulan tentang pengertian, bola basket passing dan menggiring bola.
·     Siswa mempresentasikan (mengkomunikasikan) hasil pembelajaran dan latihan di depan kelas

3.
Penutup :
·      Guru melakukan tanya jawab dengan siswa yang berkenaan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan. (konfirmasi, penilaian kognitif)
·      Melakukan pelepasan dan pendinginan yang dipimpin guru atau salah satu siswa yang dianggap mampu.
·      Menginformasikan materi minggu depan, berdoa dan bersalaman.
15 menit

E.     Penilaian (terlampir)
1.    Jenis/teknik penilaian
2.    Bentuk instrumen dan Pedoman penskoran


F.     Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media/alat
a.     Bola basket
b.    Cone
c.     Peluit
d.    Stopwatch
2.    Sumber Belajar
a.    Buku siswa: Muhajir. 2016. PJOK. Jakarta: Kemdikbud
b.   Buku guru: Muhajir. 2016. PJOK. Jakarta: Kemdikbud



Mengetahui                                                                
Guru Pembimbing                                                                   Guru Mata Pelajaran



Muhammad Azwar Anas, S.Pd Kor                                       Erlan Dwi Rusianto
                                                                                                NIM 13601241086         
                                                                                               


Lampiran 1.
1.      Rancangan Penilaian :

No

Kompetensi Dasar

Teknik Penilaian

Ket.
Pengetahuan
Keterampilan
3
3.5 Memahami konsep latihan Bola Basket
Tes tertulis

·         Diberikan dijam  pertama dengan dura si 20 menit.
·         Bentuk soal pilihan                                                                                                        ganda
·         Jumlah soal : 20 butir
4
4.5 Mempraktikkan latihan bola basket

Praktik
·         Dilakukan pada saat proses pembelajaran (penilaian proses)
·         Penilaian produk dilakukan akhir pembelajaran inti

2.      Penilaian Sikap
1.            Penilaian Sikap Spritual
a.              Teknik Penilaian
Pengamatan oleh teman sejawat
b.             Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran
Lembar pengamatan sikap spritual

Nama                                : ...........................................................
Kelas                                : ...........................................................
Petugas Pengamatan        : ...........................................................

1)    Petunjuk Penilaian
Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
2)    Rubrik Penilaian Sikap Spritual

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.




2.
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan.




3.
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.




4.
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan.




5.
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan.





Jumlah skor maksimal = 20





c.              Pedoman penskoran
1)             Penskoran
Skor 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
Skor 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2)            Pengolahan skor
Skor maksimum: 20
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/20 X 4
Rentang nilai sikap spritual:
Nilai ketuntasan kompetensi sikap dituangkan dalam bentuk angka dan predikat, yakni 1,00 – 4,00 untuk angka yang ekuivalen dengan predikat Kurang (K), Cukup (C), Baik (B), dan Sangat Baik (SB) sebagaimana tertera pada tabel berikut.
Angka
Predikat
4.00
Sangat Baik (Sb)
3.00
Baik (B)
2.00
Cukup (C)
1.00
Kurang (K)

2.            Penilaian Sikap Sosial
a.              Teknik Penilaian
Pengamatan oleh teman sejawat
b.             Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran
Lembar pengamatan sikap social
Nama                                : ...........................................................
Kelas                                : ...........................................................
Petugas Pengamatan        : ...........................................................

1)    Petunjuk Penilaian
Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
2)    Rubrik Penilaian Sikap Sosial

No.
ASPEK
SKOR (1 - 4)
1.
Kerja sama
a.       Sebagai anggota melibatkan diri dan mengambil peran secara aktif dalam kelompok.
b.      Sebagai anggota kelompok berbagi tugas dengan anggota lain (tidak mendominasi).
c.       Tidak mengganggu peserta didik yang lain.
d.      Membantu mempersiapkan dan merapikan peralatan pembelajaran.

2.
Sportifitas
a.       Mengikuti aktivitas dengan taat pada peraturan yang berlaku.
b.      Menghormati sesama teman dalam melakukan aktivitas.
c.       Tidak menyalahkan teman yang lain apabila terjadi kesalahan dalam melakukan sesuatu.
d.      Menerima kemenangan dan kekalahan dengan lapang dada dalam melakukan aktivitas jasmani.

3.
Tanggung Jawab
a.       Sebagai peserta didik mengerjakan tugas-tugas dengan baik.
b.       Berani menerima resiko atas tindakan yang dilakukan.
c.       Mengembalikan barang yang dipinjamkan dari orang lain.

d.      Berani meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain.

4.
Disiplin
a.      Hadir tepat waktu.
b.      Menggunakan pakaian olahraga yang telah ditetapkan oleh sekolah.
c.       Mengikuti seluruh proses pembelajaran sesuai dengan prosedur kerja.
d.      Mengerjakan tugas yang diberikan tepat waktu.


TOTAL SKOR = 16


c.              Pedoman Penskoran
1)             Penskoran
Skor 4, jika seluruh indikator ditunjukkan oleh teman yang diamati.
Skor 3, jika tiga indikator ditunjukkan oleh teman yang diamati.
Skor 2, jika dua indikator ditunjukkan oleh teman yang diamati.
Skor 1, jika hanya satu indikator ditunjukkan oleh teman yang diamati.
2)            Pengolahan skor
Skor maksimum: 16
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/16 X 4
Rentang nilai sikap:

Nilai ketuntasan kompetensi sikap dituangkan dalam bentuk angka dan predikat, yakni 1,00 – 4,00 untuk angka yang ekuivalen dengan predikat Kurang (K), Cukup (C), Baik (B), dan Sangat Baik (SB) sebagaimana tertera pada tabel berikut.
Angka
Predikat
4.00
Sangat Baik (Sb)
3.00
Baik (B)
2.00
Cukup (C)
1.00
Kurang (K)

3.      Penilaian Pengetahuan
a.              Teknik Penilaian
Ujian tulis
b.             Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran
Soal ujian tulis

Nama                                : ...........................................................
Kelas                                : ...........................................................

No
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
Jawaban
1.
Fakta
a.     Sebutkan berbagai keterampilan gerak melempar dan menangkap bola permainan bola basket!
b.     Sebutkan berbagai keterampilan gerak menggiring bola permainan bola basket!

2.
Konsep
a.     Jelaskan berbagai keterampilan gerak melempar dan menangkap bola permainan bola basket!
b.     Jelaskan berbagai keterampilan gerak menggiring bola permainan bola basket!

3.
Prosedur
a.     Jelaskan cara melakukan berbagai keterampilan gerak melempar dan menangkap bola permainan bola basket!
b.     Jelaskan cara melakukan berbagai keterampilan gerak menggiring bola permainan bola basket!


c.              Pedoman penskoran
1)           Penskoran
a)         Soal nomor 1
1)      Skor 4, jika urutan benar dan lengkap
2)      Skor 3, jika urutan benar tetapi kurang lengkap
3)      Skor 2, jika sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap
4)      Skor 1, jika hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap.
b)        Soal nomor 2
1)   Skor 4, jika penjelasan benar dan lengkap
2)   Skor 3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
3)   Skor 2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
4)   Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
c)          Soal nomor 3
1)   Skor 4, jika urutan benar dan lengkap
2)   Skor 3, jika urutan benar tetapi kurang lengkap
3)   Skor 2, jika sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap
4)   Skor 1, jika hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap.

2)           Pengolahan skor
Skor maksimum: 24
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/24 X 4
Rentang nilai pengetahuan:
Nilai ketuntasan kompetensi pengetahuan dan keterampilan dituangkan dalam bentuk angka dan huruf, yakni 1,0 – 4,0 untuk angka yang ekuivalen dengan huruf D sampai dengan A sebagaimana tertera pada tabel berikut.


Angka
Predikat
4.00
A
3.67
A-
3.33
B+
3.00
B
2.67
B-
2.33
C+
2.00
C
1.67
C-
1.33
D+
1.00
D

4.      Penilaian Keterampilan
a.              Lembar pengamatan proses variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, dan menggiring permainan bola basket.
1)                                  Teknik Penilaian
Uji unjuk kerja oleh rekan sejawat (dalam permainan)
2)                                  Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran
Peserta didik diminta untuk melakukan variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, dan menggiring permainan bola basket yang dilakukan berpasangan, berkelompok atau dalam bentuk bermain.

Nama                                  : ...........................................................
Kelas                                   : ...........................................................
Petugas Pengamatan           : ...........................................................

a)         Petunjuk Penilaian
Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan keterampilan gerak yang diharapkan.
b)        Rubrik Penilaian Keterampilan Gerak

No.
Indikator Penilaian
Hasil Penilaian
Baik
(3)
Cukup (2)
Kurang (1)
1.
Sikap  awalan melakukan gerakan



2.
Sikap pelaksanaan melakukan gerakan



3.
Sikap akhir melakukan gerakan



Skor Maksimal (9)


3)        Pedoman penskoran
a)        Penskoran
(1)     Sikap awalan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a) pandangan mata ke arah datangnya bola
(b)     badan sedikit dicondongkan ke depan dan berat badan terletak di antara kedua kaki.
(c) lutut ditekuk, badan condong ke depan dan jaga keseimbangan
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.

(2)     Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)       bola didorong dari depan
(b)       kedua lengan lurus ke depan
(c)       badan dicondongkan ke depan
(d)      pandangan mata tertuju pada lepasnya bola
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.

(3)     Sikap akhir melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)        badan tetap condong ke depan
(b)       pandangan mata tertuju pada lepasnya bola
(c)        kaki kiri ke depan dan kaki kanan di belakang
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.

b)        Pengolahan skor
Skor maksimum: 9
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai keterampilan yang diperoleh peserta didik: SP/9 X 4
Rentang nilai keterampilan:
Nilai ketuntasan kompetensi pengetahuan dan keterampilan dituangkan dalam bentuk angka dan huruf, yakni 1,0 – 4,0 untuk angka yang ekuivalen dengan huruf D sampai dengan A sebagaimana tertera pada tabel berikut.


ANGKA
PREDIKAT

4.00
A

3.67
A-

3.33
B+

3.00
B

2.67
B-

2.33
C+

2.00
C

1.67
C-

1.33
D+

1.00
D


b.             Lembar pengamatan penilaian hasil keterampilan gerak melempar, menangkap, dan menggiring permainan bola basket.
1)        Penilaian hasil keterampilan gerak melempar dan menangkap bola
a)        Tahap pelaksanaan pengukuran
Penilaian hasil/produk keterampilan gerak melempar dan menangkap bola dilakukan peserta didik selama 30 detik dengan dengan cara :
(1)     Mula-mula peserta didik berdiri dengan memegang bola.
(2)     Setelah petugas pengukuran memberi aba-aba “mulai” peserta didik mulai melempar dan menangkap bola ke tembok dengan jarak 3 meter.
(3)     Petugas menghitung ulangan/pantulan bola yang dapat dilakukan oleh peserta didik.
(4)      Jumlah ulangan/pantulan bola yang dilakukan dengan benar memenuhi persyaratan dihitung untuk diberikan skor.

b)        Konversi jumlah ulangan dengan skor

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… > 20 kali
…… > 15 kali
100%
Sangat Baik
17 – 19 kali
12 – 14 kali
90%
Baik
14 – 16 kali
9 – 11 kali
80%
Cukup
11 – 13 kali
6 – 8 kali
70%
Kurang
........ <  11 kali
........ <  6 kali
60%
Kurang Sekali

2)        Penilaian hasil keterampilan gerak menggiring bola
a)        Tahap pelaksanaan pengukuran
Penilaian hasil/produk keterampilan gerak menggiring bola dilakukan peserta didik selama 30 detik dengan dengan cara :
(1)      Mula-mula peserta didik berdiri dengan memegang bola.
(2)      Setelah petugas pengukuran memberi aba-aba “mulai” peserta didik mulai menggiring bola melewati rintangan (corong atau kursi yang dipasang secara zig-zag) sebanyak 10 rintangan.
(3)      Petugas menghitung ulangan/rintangan yang dilewati yang dapat dilakukan oleh peserta didik.
(4)      Jumlah ulangan/rintangan bola yang dilakukan dengan benar memenuhi persyaratan dihitung untuk diberikan skor.

b)        Konversi jumlah ulangan dengan skor

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… > 17 rintangan
…… > 15 rintangan
100%
Sangat Baik
14 – 16 rintangan
12 – 14 rintangan
90%
Baik
11 – 13 rintangan
9 – 11 rintangan
80%
Cukup
8 – 10 rintangan
6 – 8 rintangan
70%
Kurang
........ <  8 rintangan
........ <  6 rintangan
60%
Kurang Sekali

c.         Penilaian hasil keterampilan gerak melempar, menangkap dan menggiring bola
Pengolahan skor keterampilan proses dan skor keterampilan hasil keterampilan gerak menjadi skor akhir.
Untuk memperoleh skor akhir, perlu diberikan pembobotan sesuai dengan tujuan akhir dari pembelajaran (contoh 70% untuk skor keterampilan proses keterampilan gerak, dan 30% untuk skor keterampilan hasil gerak), maka skor akhir keterampilan gerak adalah :

            Skor penilaian proses X 70%  = .............. ditambah dengan
            Skor hasil gerak X 30%          = .............. sama dengan ............


No comments:

Post a Comment

Featured post

Lembar PAS Penjas kelas 6 Semester 2 (Raport PJOK)

Untuk Guru Penjas tentu saat akhir semsester mengumpulkan nilai kepada Wali kelas namun formulir yang dikumpulkan kepada wali kelas ...