Labels

RPP atletik lari jarak pendek SMP penjaskes kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah
:
SMP NEGERI 1 NGAGLIK
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/ Semester
:
VII/ 1
Alokasi Waktu
:
3 JP ( 3x 40 menit/ 2x pertemuan )

A.    Kompetensi Inti
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.     Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3. Memahami pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.3  Memahami konsep gerak spesifik  jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3.1. Mengidentifikasikan berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish start pendek dan lari jarak pendek.
3.3.2. Menjelaskan berbagai gerak star langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish start pendek dan lari jarak pendek.
3.3.3.Menjelaskan cara melakukan berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jarak pendek.
4.1. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.3  Mempraktikkan gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3.1.Melakukan berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat.
4.3.2.Menggunakan berbagai gerak starlangkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat dalam bentuk perlombaan dengan peraturan yang dimodifikasi.

C.    Materi Pembelajaran
1.      Materi Pembelajaran Reguler
a)      Start pendek
1)      Sikap jongkok rileks
2)      Lututu kaki kanan menempel di tanah
3)      Kaki kiri terletak antara kaki kanan dan lututu kaki kanan
4)     

Kedua tangan menempel di atas garis start dengan membentuk huruf v
5)      Pandangan rileks kedepan

b)      Teknik start pendek dan lari jarak pendek
1)      Prinsip lari cepat, yaitu lari pada ujung kaki, tumpuan kuat agar mendapat dorongan yang kuat
2)      Sikap badan condong ke depan ± 60ยบ, sehingga titik berat badan selalu di depan.
3)      Ayunan lengan kuat dan cepat, siku dilipat, kedua tangan menggenggam lemas agar gerakan langkah kaki juga cepat dan kuat.
4)      Setelah ± 20 m dari garis start, langkah diperlebar dan sikap badan dicondongkan ke depan tetap dipertahankan serta ayunan lengan dan gerakan langkah juga dipertahankan kecepatan serta kekuatan bahkan harus ditingkatkan.



2.      Materi Pembelajaran Remedial
Pada dasarnya materi pembelajaran remedial adalah materi pembelajaran regular yang disederhanakan sehingga lebih mudah dipahami dan dilakukan
3.      Materi Pembelajaran Pengayaan
Materi pengayaan dikembangkan dari materi pembelajaran regular dengan meningkatkan faktor kesulitan dan peraturan dalam start pendek dan lari jarak pendek

D.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Pendahuluan :
Kegiatan pendahuluan yang harus dilakukan oleh guru antara lain sebagai berikut.
·         Mengucapkan salam atau selamat pagi kepada siswa.
·         Sebelum melakukan pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan guru berdoa
·         Guru memastikan bahwa semua siswa dalam keadaan sehat.
·         Tanyakan kondisi kesehatan siswa secara umum.
·         Sampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa.
10 menit
2.
Kegiatan Inti :
Penciptaan situasi (stimulasi)
·      Siswa membaca buku dan mengamati tentang start pendek dan lari jarak pendek
·      Siswa menerima pertanyaan dari guru tentang hal yang berkaitan dengan start pendek dan lari jarak pendek

25 menit

Identifikasi Masalah
·     Siswa mengerti tentang definisi start pendek dan lari jarak pendek
·     Siswa memahami prosedur melakukan start pendek dan lari jarak pendek


Pengumpulan data
·     Guru menjelaskan tentang start pendek dan lari jarak pendek
·     Siswa menuliskan hasil yang diperoleh dari pembelajaran start pendek dan lari jarak pendek


Pengolahan data
·     Siswa mencermati kembali (mengasosiasi) apa yang telah dituliskan tentang start pendek dan lari jarak pendek


Pembuktian
·     Siswa melakukan pemeriksaan kembali dengan cermat untuk membuktikan temuannya dengan hipotesisnya.


Menarik Kesimpulan
·     Siswa menyimpulan tentang start pendek dan lari jarak pendek
·     Siswa mempresentasikan (mengkomunikasikan) hasil pembelajaran dan latihan di depan kelas

3.
Penutup :
·      Guru melakukan tanya jawab dengan siswa yang berkenaan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan. (konfirmasi, penilaian kognitif)
·      Melakukan pelepasan dan pendinginan yang dipimpin guru atau salah satu siswa yang dianggap mampu.
·      Menginformasikan materi minggu depan, berdoa dan bersalaman.
5 menit

Pertemuan 2
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Pendahuluan :
Kegiatan pendahuluan yang harus dilakukan oleh guru antara lain sebagai berikut.
·         Siswa dibariskan dan mengucapkan salam atau selamat pagi kepada siswa.
·         Sebelum melakukan pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan guru berdoa.
·         Guru memastikan bahwa semua siswa dalam keadaan sehat, dan yang memiliki penyakit kronis harus diperlakukan secara khusus.
·         Tanyakan kondisi kesehatan siswa secara umum.
·         Melakukan pemanasan yang dipimpin oleh guru atau oleh salah seorang siswa yang
·         dianggap mampu.
·         Sampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa.
15 menit
2.
Kegiatan Inti :
Penciptaan situasi (stimulasi)
·      Siswa membaca buku dan mengamati gambar start pendek dan lari jarak pendek
·      Siswa menerima pertanyaan dari guru tentang hal yang berkaitan dengan latihan start pendek dan lari jarak pendek
·      Siswa mencoba melakukan latihan start pendek dan lari jarak pendek
·      Siswa menerima lembar kerja yang harus dilengkapi selama proses pembelajaran.
55 menit

Identifikasi Masalah
·     Siswa mengerti tentang definisi start pendek dan lari jarak pendek
·     Siswa memahami prosedur melakukan start pendek dan lari jarak pendek


Pengumpulan data
·     Guru mencontohkan start pendek dan start pendek dan lari jarak pendek
·     Melakukan start pendek dan lari jarak pendek



Pengolahan data
·     Siswa mencermati kembali (mengasosiasi) apa yang telah dituliskan tentang start pendek dan lari jarak pendek.


Pembuktian
·     Siswa melakukan pemeriksaan kembali dengan cermat untuk membuktikan temuannya dengan hipotesisnya


Menarik Kesimpulan
·     Siswa menyimpulan tentang start pendek dan lari jarak pendek
·     Siswa mempresentasikan (mengkomunikasikan) hasil pembelajaran dan latihan di depan kelas

3.
Penutup :
·      Guru melakukan evaluasi terhadap proses aktivitas berkenaan dengan materi aktivitas yang telah diberikan.
·      Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu melakukan aktivitas gerak dengan baik, dan memberikan tugas remedial kepada siswa yang belum mampu melakukan aktivitas gerak dengan baik.
·      Guru melakukan tanya-jawab dengan siswa yang berkenaan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan.
·      Melakukan pelemasan yang dipimpin oleh guru atau oleh salah seorang siswa yang dianggap mampu, dan menjelaskan kepada siswa tujuan dan manfaat melakukan pelemasan setelah melakukan aktivitas fisik/olahraga yaitu agar dapat melemaskan otot dan tubuh tetap bugar (segar).
·      Memberikan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh siswa dan dikerjakan di rumah
·      Setelah melakukan aktivitas pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan guru berdoa dan bersalaman.
10 menit

E.    Penilaian (terlampir)
1.    Jenis/teknik penilaian
2.    Bentuk instrumen dan Pedoman penskoran

F.     Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media/alat
a.Lapangan
b.    Gambar: start pendek dan lari jarak pendek
c.Cone
d.    Peluit
e.Stopwatch
2.    Sumber Belajar
a.    Buku siswa: Muhajir. 2016. PJOK. Jakarta: Kemdikbud
b.   Buku guru: Muhajir. 2016. PJOK. Jakarta: Kemdikbud







Mengetahui                                                                             Sleman, 21 Agustus 2016
Guru Pembimbing                                                                   Guru Mata Pelajaran



Muhammad Azwar Anas, S.Pd Kor                                       Erlan Dwi Rusianto
                                                                                                NIM. 13601241086
      
























                  

Lampiran 1.
a.      Rancangan Penilaian :

No

Kompetensi Dasar

Teknik Penilaian

Ket.
Pengetahuan
Keterampilan
1
3.3 Memahami pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Tes tertulis

·       Diberikan di akhir pelajaran dengan durasi 20 menit.
·       Bentuk soal pilihan ganda.
·       Jumlah soal : 20 butir
2
4.1. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Praktik
·       Dilakukan pada saat proses pembelajaran (penilaian proses)
·       Penilaian produk dilakukan akhir pembelajaran inti


b.   Penilaian Sikap Spritual
a.    Teknik penilaian
         Pengamatan oleh teman sejawat
b.   Bentuk Instrumen dan instrumen
         Lembar pengamatan sikap spritual

         Nama                              : ...........................................................
         Kelas                              : ...........................................................
         Petugas Pengamatan      : ...........................................................
1)        Petunjuk Penilaian
Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
2)      Rubrik Penilaian Sikap Spritual

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.




2.
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan.




3.
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.




4.
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan.




5.
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan.





Jumlah skor maksimal = 20






c.   Pedoman penskoran
1)        Penskoran
       Skor 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
       Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
                   tidak melakukan.
       Skor 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
                   melakukan.
       Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2)        Pengolahan skor
              Skor maksimum: 20
              Skor perolehan peserta didik: SP
              Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/20 X 4
              Rentang nilai sikap spritual:
       Nilai ketuntasan kompetensi sikap dituangkan dalam bentuk angka dan predikat, yakni 1,00 – 4,00 untuk angka yang ekuivalen dengan predikat Kurang (K), Cukup (C), Baik (B), dan Sangat Baik (SB) sebagaimana tertera pada tabel berikut.

Nilai Ketuntasan Sikap
Angka
Predikat
4.00
Sangat Baik
3.00
Baik
2.0
Cukup
1.00
Kurang


c.       Penilaian Sikap Sosial
a.              Teknik penilaian
Pengamatan oleh guru
b.             Bentuk Instrumen dan instrumen
Lembar pengamatan sikap sosial
Nama                                : ...........................................................
Kelas                                : ...........................................................

1)    Petunjuk Penilaian
tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
2)    Rubrik Penilaian Sikap Sosial

No.
ASPEK
SKOR (1 - 4)
1.
Sportifitas
a.       Mengikuti aktivitas dengan taat pada peraturan yang berlaku.
b.      Menghormati sesama teman dalam melakukan aktivitas.
c.       Tidak menyalahkan teman yang lain apabila terjadi kesalahan dalam melakukan sesuatu.
d.      Menerima kemenangan dan kekalahan dengan lapang dada dalam melakukan aktivitas jasmani.


2.
Tanggung Jawab
a.    Sebagai peserta didik mengerjakan tugas-tugas dengan baik.
b.    Berani menerima resiko atas tindakan yang dilakukan.
c.    Mengembalikan barang yang dipinjamkan dari orang lain.
d.   Berani meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain.


3.
Kerja sama
a.       Sebagai anggota melibatkan diri dan mengambil peran secara aktif dalam kelompok.
b.      Sebagai anggota kelompok berbagi tugas dengan anggota lain (tidak mendominasi).
c.     Tidak mengganggu peserta didik yang lain.
d.    Membantu mempersiapkan dan merapikan peralatan pembelajaran.


4.
Disiplin
a.      Hadir tepat waktu.
b.      Menggunakan pakaian olahraga yang telah ditetapkan oleh sekolah.
c.       Mengikuti seluruh proses pembelajaran sesuai dengan prosedur kerja.
d.      Mengerjakan tugas yang diberikan tepat waktu.


TOTAL SKOR = 16

Berik







a

Pengolahan skor
Skor maksimum: 16
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/16 X 4
Rentang nilai sikap:
Nilai ketuntasan kompetensi sikap dituangkan dalam bentuk angka dan predikat, yakni 1,00 – 4,00 untuk angka yang ekuivalen dengan predikat Kurang (K), Cukup (C), Baik (B), dan Sangat Baik (SB) sebagaimana tertera pada tabel berikut.

Nilai Ketuntasan Sikap
Angka
Predikat
4.00
Sangat Baik
3.00
Baik
2.0
Cukup
1.00
Kurang

d.      Penilaian Pengetahuan
a.              Teknik penilaian
Ujian tulis
b.             Bentuk Instrumen dan instrumen
Soal ujian tulis

Nama                                : ...........................................................
Kelas                                : ...........................................................

No
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
Jawaban
1.
Fakta
a.       Sebutkan gerak spesifik start, langkah kaki, ayunan lengan,dan memasuki garis finish lari jarak pendek
b.      Sebutkan variasi dan kombinasi gerak spesifik start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish lari jarak pendek

2.
Konsep
  1. Jelaskan gerak  spesifik start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish lari jarak pendek.
  2. Jelaskan variasi dan kombinasi gerak spesifik start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish lari jarak pendek.

3.
Prosedur
a.       Jelaskan cara melakukan gerak spesifik start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish lari jarak pendek.
b.      Jelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi gerak spesifik start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish lari jarak pendek.


c.              Pedoman penskoran
1)           Penskoran
a)    Soal nomor 1
1)      Skor 4, jika penjelasan benar dan lengkap
2)      Skor 3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
3)      Skor 2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
4)      Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap

b)   Soal nomor 2
1)        Skor 4, jika penjelasan benar dan lengkap
2)        Skor 3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
3)        Skor 2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
4)        Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap

c)    Soal nomor 3
1)      Skor 4, jika penjelasan benar dan lengkap
2)      Skor 3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
3)      Skor 2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
4)      Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap

2)           Pengolahan skor
Skor maksimum: 24
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/24 X 4
Rentang nilai pengetahuan:
Nilai ketuntasan kompetensi pengetahuan dan keterampilan dituangkan dalam bentuk angka dan huruf, yakni 1,0 – 4,0 untuk angka yang ekuivalen dengan huruf D sampai dengan A sebagaimana tertera pada tabel berikut.

NILAI KETUNTASAN  KETRAMPILAN DAN PENGETAHUAN
ANGKA
PREDIKAT
4.00
A
3.67
A-
3.33
B+
3.00
B
2.67
B-
2.33
C+
2.00
C
1.67
C-
1.33
D+
1.00
D

e.       Penilaian Keterampilan
a.              Lembar pengamatan proses variasi dan kombinasi keterampilan gerak start pendek dan lari jarak pendek
1)                                  Jenis/teknik penilaian
Uji unjuk kerja oleh guru
2)                                  Bentuk Instrumen dan instrumen
Peserta didik diminta untuk melakukan variasi dan kombinasi keterampilan start pendek dan lari jarak pendek





Nama                                  : ...........................................................
Kelas                                   : ...........................................................
a)   Petunjuk Penilaian
Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan keterampilangerak yang diharapkan.
b)   Rubrik Penilaian Keterampilan Gerak
No.
Indikator Penilaian
Hasil Penilaian
Baik
(3)
Cukup (2)
Kurang (1)
1.
Sikap  awalan melakukan gerakan



2.
Sikap pelaksanaan melakukan gerakan



3.
Sikap akhir melakukan gerakan



Skor Maksimal (9)

3)                                  Pedoman penskoran
a)    Penskoran
(1)     Sikap awalan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
a)      kaki melangkah selebar dan secepat mungkin
b)      kaki belakang saat menolak dari tanah harus tertendang lurus
c)      dengan cepat.
d)     lutut ditekuk secara wajar agar paha mudah terayun ke depan
e)      lutut agak bengkok
Skor Sedang jika :hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika :hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
(2)     Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
a)      lengan diayun ke depan atas sebatas hidung
b)      sikut ditekuk kurang lebih membentuk sudut 90 derajat
c)      lengan diayunkan secara bergantian secara konsisten
d)     lengan diayunkan ke depan dan ke belakang
Skor Sedang jika :hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika :hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.
(3)     Sikap akhir melakukan gerakan
Skor Baik jika :
a)      saat berlari badan rileks
b)      kepala segaris punggung
c)      pandangan ke depan
d)     badan condong ke depan
Skor Sedang jika :hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika :hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
b)         Pengolahan skor
          Skor maksimum: 9
          Skor perolehan peserta didik: SP
          Nilai keterampilan yang diperoleh peserta didik: SP/9 X 4
          Rentang nilai keterampilan:
Nilai ketuntasan kompetensi pengetahuan dan keterampilan dituangkan dalam bentuk angka dan huruf, yakni 1,0 – 4,0 untuk angka yang ekuivalen dengan huruf D sampai dengan A sebagaimana tertera pada tabel berikut.

NILAI KETUNTASAN  KETRAMPILAN DAN PENGETAHUAN
ANGKA
PREDIKAT
4.00
A
3.67
A-
3.33
B+
3.00
B
2.67
B-
2.33
C+
2.00
C
1.67
C-
1.33
D+
1.00
D

b.  Lembar pengamatan penilaian hasil gerak spesifik start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish lari jarak pendek.
1) Penilaian hasil gerak spesifik lari jarak pendek menempuh jarak 100 m
a) Tahap pelaksanaan pengukuran
Penilaian hasil/produk gerak spesifik lari jarak pendek yang dilakukan siswa menempuh jarak 100 m dengan dengan cara:
1)      Mula-mula siswa berdiri di belakang garis start.
2)      Setelah petugas pengukuran memberi aba-aba “mulai” siswa mulai melakukan lari jarak pendek menempuh jarak 100 m.
3)      Petugas menghitung waktu tempuh yang dapat dilakukan oleh siswa.
4)      Jumlah waktu tempuh yang dilakukan dengan benar memenuhi
persyaratan dihitung untuk diberikan skor.
b) Konversi jumlah ulangan dengan skor
Perolehan Nilai
Predikat Nilai
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
… ≤ 17 detik
… ≤ 20 detik
86-100
Sangat baik
17.01 - 18.00 detik
20.01 - 21.00 detik
71-85
Baik
18.01 - 19.00 detik
21.01 - 22.00 detik
56-70
Cukup
… ≥ 19.01 detik
… ≥ 22.01 detik
…≤ 5
Kurang

No comments:

Post a Comment

Featured post

Lembar PAS Penjas kelas 6 Semester 2 (Raport PJOK)

Untuk Guru Penjas tentu saat akhir semsester mengumpulkan nilai kepada Wali kelas namun formulir yang dikumpulkan kepada wali kelas ...