RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP
NEGERI 1
NGAGLIK
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas/ Semester
|
:
|
VII/ 1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3 JP ( 3x 40 menit/ 2x pertemuan )
|
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.3. Memahami
pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
3.3 Memahami konsep gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam
berbagai permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3.1. Mengidentifikasikan
berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish start
pendek dan lari jarak pendek.
3.3.2. Menjelaskan
berbagai gerak star langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish start
pendek dan lari jarak pendek.
3.3.3.Menjelaskan
cara melakukan berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan
memasuki garis finish jarak pendek.
|
4.1. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
4.3 Mempraktikkan gerak spesifik jalan, lari,
lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3.1.Melakukan
berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish
jalan cepat.
4.3.2.Menggunakan
berbagai gerak starlangkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish
jalan cepat dalam bentuk perlombaan dengan peraturan yang dimodifikasi.
|
C. Materi Pembelajaran
1.
Materi
Pembelajaran Reguler
a) Start pendek
1) Sikap jongkok rileks
2) Lututu kaki kanan menempel di tanah
3) Kaki kiri terletak antara kaki kanan dan lututu kaki kanan
4)
![]() |
Kedua tangan menempel di atas garis start dengan membentuk huruf v
5) Pandangan rileks kedepan
b)
Teknik start pendek dan lari jarak pendek
1)
Prinsip lari cepat, yaitu lari pada ujung
kaki, tumpuan kuat agar mendapat dorongan yang kuat
2)
Sikap badan condong ke depan ± 60ยบ, sehingga
titik berat badan selalu di depan.
3)
Ayunan lengan kuat dan cepat, siku dilipat,
kedua tangan menggenggam lemas agar gerakan langkah kaki juga cepat dan kuat.
4)
Setelah ± 20 m dari garis start, langkah
diperlebar dan sikap badan dicondongkan ke depan tetap dipertahankan serta
ayunan lengan dan gerakan langkah juga dipertahankan kecepatan serta kekuatan
bahkan harus ditingkatkan.
![]() |
2. Materi Pembelajaran Remedial
Pada dasarnya materi pembelajaran remedial
adalah materi pembelajaran regular yang disederhanakan sehingga lebih mudah
dipahami dan dilakukan
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
Materi pengayaan dikembangkan dari materi
pembelajaran regular dengan meningkatkan faktor kesulitan dan peraturan dalam
start pendek dan lari jarak pendek
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
||
1.
|
Pendahuluan
:
Kegiatan pendahuluan yang harus dilakukan
oleh guru antara lain sebagai berikut.
·
Mengucapkan salam atau selamat pagi kepada siswa.
·
Sebelum melakukan pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan
guru berdoa
·
Guru memastikan bahwa semua siswa dalam keadaan sehat.
·
Tanyakan kondisi kesehatan siswa secara umum.
·
Sampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa.
|
10
menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
:
Penciptaan situasi (stimulasi)
·
Siswa membaca
buku dan mengamati tentang start pendek dan lari
jarak pendek
·
Siswa menerima pertanyaan dari
guru tentang hal yang berkaitan dengan start pendek dan lari jarak pendek
|
25
menit
|
Identifikasi Masalah
· Siswa
mengerti tentang definisi start pendek dan
lari jarak pendek
· Siswa
memahami prosedur melakukan start pendek dan
lari jarak pendek
|
||
Pengumpulan data
·
Guru menjelaskan tentang start pendek dan lari jarak pendek
·
Siswa menuliskan hasil yang
diperoleh dari pembelajaran start pendek dan
lari jarak pendek
|
||
Pengolahan data
·
Siswa mencermati kembali (mengasosiasi) apa yang telah
dituliskan tentang start pendek dan lari jarak
pendek
|
||
Pembuktian
·
Siswa melakukan pemeriksaan
kembali dengan cermat untuk membuktikan temuannya dengan hipotesisnya.
|
||
Menarik Kesimpulan
·
Siswa menyimpulan tentang start pendek dan lari jarak pendek
·
Siswa
mempresentasikan (mengkomunikasikan)
hasil pembelajaran dan latihan di depan kelas
|
||
3.
|
Penutup
:
·
Guru
melakukan tanya jawab dengan siswa yang berkenaan dengan materi pembelajaran
yang telah diberikan. (konfirmasi,
penilaian kognitif)
·
Melakukan
pelepasan dan pendinginan yang dipimpin guru atau salah satu siswa yang
dianggap mampu.
·
Menginformasikan materi minggu
depan, berdoa dan bersalaman.
|
5
menit
|
Pertemuan 2
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
||
1.
|
Pendahuluan
:
Kegiatan pendahuluan yang harus dilakukan
oleh guru antara lain sebagai berikut.
·
Siswa dibariskan dan mengucapkan salam atau selamat pagi
kepada siswa.
·
Sebelum melakukan pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan
guru berdoa.
·
Guru memastikan bahwa semua siswa dalam keadaan sehat, dan
yang memiliki penyakit kronis harus diperlakukan secara khusus.
·
Tanyakan kondisi kesehatan siswa secara umum.
·
Melakukan pemanasan yang dipimpin oleh guru atau oleh salah
seorang siswa yang
·
dianggap mampu.
·
Sampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa.
|
15
menit
|
2.
|
Kegiatan Inti :
Penciptaan situasi (stimulasi)
·
Siswa membaca
buku dan mengamati gambar start pendek dan lari jarak
pendek
·
Siswa menerima pertanyaan dari
guru tentang hal yang berkaitan dengan latihan start pendek dan lari jarak
pendek
·
Siswa mencoba melakukan latihan start pendek dan lari jarak pendek
·
Siswa
menerima lembar kerja yang harus dilengkapi selama proses pembelajaran.
|
55
menit
|
Identifikasi Masalah
· Siswa
mengerti tentang definisi start pendek dan
lari jarak pendek
· Siswa
memahami prosedur melakukan start pendek dan
lari jarak pendek
|
||
Pengumpulan data
·
Guru mencontohkan start pendek
dan start pendek dan lari jarak pendek
·
Melakukan start pendek dan lari
jarak pendek
|
||
Pengolahan data
·
Siswa mencermati kembali (mengasosiasi) apa yang telah
dituliskan tentang start pendek dan lari jarak pendek.
|
||
Pembuktian
·
Siswa melakukan pemeriksaan
kembali dengan cermat untuk membuktikan temuannya dengan hipotesisnya
|
||
Menarik Kesimpulan
·
Siswa menyimpulan tentang start
pendek dan lari jarak pendek
· Siswa mempresentasikan (mengkomunikasikan) hasil pembelajaran dan latihan di depan kelas
|
||
3.
|
Penutup :
·
Guru
melakukan evaluasi terhadap proses aktivitas berkenaan dengan materi
aktivitas yang telah diberikan.
·
Guru
memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu melakukan aktivitas gerak dengan
baik, dan memberikan tugas remedial kepada siswa yang belum mampu melakukan
aktivitas gerak dengan baik.
·
Guru
melakukan tanya-jawab dengan siswa yang berkenaan dengan materi pembelajaran
yang telah diberikan.
·
Melakukan
pelemasan yang dipimpin oleh guru atau oleh salah seorang siswa yang dianggap
mampu, dan menjelaskan kepada siswa tujuan dan manfaat melakukan pelemasan
setelah melakukan aktivitas fisik/olahraga yaitu agar dapat melemaskan otot
dan tubuh tetap bugar (segar).
·
Memberikan
tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh siswa dan dikerjakan di rumah
·
Setelah
melakukan aktivitas pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan guru berdoa dan
bersalaman.
|
10
menit
|
E. Penilaian (terlampir)
1.
Jenis/teknik penilaian
2.
Bentuk instrumen dan
Pedoman
penskoran
F.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat
a.Lapangan
b. Gambar: start pendek dan lari jarak pendek
c.Cone
d. Peluit
e.Stopwatch
2.
Sumber Belajar
a.
Buku siswa: Muhajir. 2016. PJOK. Jakarta: Kemdikbud
b. Buku guru: Muhajir. 2016. PJOK. Jakarta: Kemdikbud
Mengetahui Sleman, 21 Agustus 2016
Guru Pembimbing Guru Mata Pelajaran
Muhammad Azwar Anas, S.Pd Kor Erlan
Dwi Rusianto
NIM.
13601241086
Lampiran 1.
a.
Rancangan Penilaian :
No
|
Kompetensi Dasar
|
Teknik Penilaian
|
Ket.
|
|
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
|||
1
|
3.3 Memahami pengetahuan (faktual,konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
Tes tertulis
|
·
Diberikan di akhir pelajaran dengan durasi 20 menit.
· Bentuk soal pilihan ganda.
· Jumlah soal : 20 butir
|
|
2
|
4.1. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
Praktik
|
·
Dilakukan pada saat proses pembelajaran (penilaian
proses)
·
Penilaian produk dilakukan akhir pembelajaran inti
|
b. Penilaian
Sikap Spritual
a.
Teknik
penilaian
Pengamatan oleh
teman sejawat
b.
Bentuk
Instrumen dan instrumen
Lembar pengamatan sikap spritual
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
Petugas Pengamatan :
...........................................................
1)
Petunjuk
Penilaian
Berikan tanda cek (√) pada kolom
yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan
perilaku yang diharapkan.
2)
Rubrik Penilaian
Sikap Spritual
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Berdoa sebelum dan sesudah
melakukan sesuatu.
|
||||
2.
|
Mengucapkan rasa syukur
atas karunia Tuhan.
|
||||
3.
|
Memberi salam sebelum dan sesudah
menyampaikan pendapat/presentasi.
|
||||
4.
|
Mengungkapkan kekaguman
secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan.
|
||||
5.
|
Merasakan keberadaan dan
kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan.
|
||||
Jumlah skor maksimal = 20
|
c.
Pedoman
penskoran
1)
Penskoran
Skor 4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
Skor 3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
tidak
melakukan.
Skor 2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan.
Skor 1 =
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2)
Pengolahan skor
Skor maksimum: 20
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta
didik: SP/20 X 4
Rentang nilai sikap spritual:
Nilai ketuntasan kompetensi sikap dituangkan dalam bentuk
angka dan predikat, yakni 1,00 – 4,00 untuk angka yang ekuivalen dengan predikat
Kurang (K), Cukup (C), Baik (B), dan Sangat Baik (SB) sebagaimana tertera pada
tabel berikut.
Nilai Ketuntasan Sikap
|
|
Angka
|
Predikat
|
4.00
|
Sangat Baik
|
3.00
|
Baik
|
2.0
|
Cukup
|
1.00
|
Kurang
|
c. Penilaian
Sikap Sosial
a.
Teknik
penilaian
Pengamatan oleh guru
b.
Bentuk
Instrumen dan instrumen
Lembar pengamatan sikap sosial
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
1)
Petunjuk
Penilaian
tanda cek (√) pada kolom yang
sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku
yang diharapkan.
2)
Rubrik Penilaian
Sikap Sosial
No.
|
ASPEK
|
SKOR (1 - 4)
|
1.
|
Sportifitas
a.
Mengikuti
aktivitas dengan taat pada peraturan yang berlaku.
b.
Menghormati
sesama teman dalam melakukan aktivitas.
c.
Tidak
menyalahkan teman yang lain apabila terjadi kesalahan dalam melakukan
sesuatu.
d.
Menerima
kemenangan dan kekalahan dengan lapang dada dalam melakukan aktivitas
jasmani.
|
|
2.
|
Tanggung Jawab
a. Sebagai peserta didik
mengerjakan tugas-tugas dengan baik.
b. Berani menerima resiko atas
tindakan yang dilakukan.
c. Mengembalikan barang yang
dipinjamkan dari orang lain.
d. Berani meminta maaf jika
melakukan kesalahan yang merugikan orang lain.
|
|
3.
|
Kerja sama
a.
Sebagai
anggota melibatkan diri dan mengambil peran secara aktif dalam kelompok.
b.
Sebagai
anggota kelompok berbagi tugas dengan anggota lain (tidak mendominasi).
c.
Tidak
mengganggu peserta didik yang lain.
d.
Membantu
mempersiapkan dan merapikan peralatan pembelajaran.
|
|
4.
|
Disiplin
a. Hadir tepat waktu.
b. Menggunakan pakaian olahraga yang telah
ditetapkan oleh sekolah.
c. Mengikuti seluruh proses pembelajaran
sesuai dengan prosedur kerja.
d. Mengerjakan tugas yang diberikan tepat
waktu.
|
|
TOTAL SKOR = 16
|
Berik
a
Pengolahan
skor
Skor maksimum:
16
Skor perolehan
peserta didik: SP
Nilai sikap
yang diperoleh peserta didik: SP/16 X 4
Rentang nilai
sikap:
Nilai ketuntasan kompetensi sikap dituangkan
dalam bentuk angka dan predikat, yakni 1,00 – 4,00 untuk angka yang ekuivalen
dengan predikat Kurang (K), Cukup (C), Baik (B), dan Sangat Baik (SB)
sebagaimana tertera pada tabel berikut.
Nilai Ketuntasan Sikap
|
|
Angka
|
Predikat
|
4.00
|
Sangat Baik
|
3.00
|
Baik
|
2.0
|
Cukup
|
1.00
|
Kurang
|
d. Penilaian
Pengetahuan
a.
Teknik
penilaian
Ujian tulis
b.
Bentuk Instrumen
dan instrumen
Soal ujian tulis
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
No
|
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
|
Jawaban
|
1.
|
Fakta
a.
Sebutkan
gerak spesifik start, langkah kaki, ayunan lengan,dan memasuki garis finish
lari jarak pendek
b.
Sebutkan
variasi dan kombinasi gerak spesifik start, langkah kaki, ayunan lengan, dan
memasuki garis finish lari jarak pendek
|
|
2.
|
Konsep
|
|
3.
|
Prosedur
a.
Jelaskan
cara melakukan gerak spesifik start, langkah kaki, ayunan lengan, dan
memasuki garis finish lari jarak pendek.
b.
Jelaskan
cara melakukan variasi dan kombinasi gerak spesifik start, langkah kaki,
ayunan lengan, dan memasuki garis finish lari jarak pendek.
|
c.
Pedoman penskoran
1)
Penskoran
a) Soal nomor 1
1)
Skor 4,
jika penjelasan benar dan lengkap
2)
Skor 3,
jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
3)
Skor 2,
jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
4)
Skor 1,
jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
b) Soal nomor 2
1)
Skor 4,
jika penjelasan benar dan lengkap
2)
Skor 3,
jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
3)
Skor 2,
jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
4)
Skor 1,
jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
c) Soal nomor 3
1)
Skor 4,
jika penjelasan benar dan lengkap
2)
Skor 3,
jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
3)
Skor 2,
jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
4)
Skor 1,
jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
2)
Pengolahan skor
Skor
maksimum: 24
Skor
perolehan peserta didik: SP
Nilai
sikap yang diperoleh peserta didik: SP/24 X 4
Rentang
nilai pengetahuan:
Nilai ketuntasan kompetensi pengetahuan dan
keterampilan dituangkan dalam bentuk angka dan huruf, yakni 1,0 – 4,0 untuk
angka yang ekuivalen dengan huruf D sampai dengan A sebagaimana tertera pada
tabel berikut.
NILAI KETUNTASAN KETRAMPILAN DAN PENGETAHUAN
|
|
ANGKA
|
PREDIKAT
|
4.00
|
A
|
3.67
|
A-
|
3.33
|
B+
|
3.00
|
B
|
2.67
|
B-
|
2.33
|
C+
|
2.00
|
C
|
1.67
|
C-
|
1.33
|
D+
|
1.00
|
D
|
e. Penilaian
Keterampilan
a.
Lembar
pengamatan proses variasi dan kombinasi keterampilan gerak start
pendek dan lari jarak pendek
1)
Jenis/teknik
penilaian
Uji unjuk kerja oleh guru
2)
Bentuk
Instrumen dan instrumen
Peserta didik diminta untuk
melakukan variasi dan kombinasi keterampilan start pendek dan lari jarak pendek
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
a)
Petunjuk
Penilaian
Berikan tanda cek (√) pada kolom
yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan keterampilangerak yang diharapkan.
b)
Rubrik Penilaian Keterampilan Gerak
No.
|
Indikator Penilaian
|
Hasil Penilaian
|
||
Baik
(3)
|
Cukup (2)
|
Kurang (1)
|
||
1.
|
Sikap awalan melakukan gerakan
|
|||
2.
|
Sikap
pelaksanaan melakukan gerakan
|
|||
3.
|
Sikap
akhir melakukan gerakan
|
|||
Skor Maksimal (9)
|
3)
Pedoman penskoran
a)
Penskoran
(1)
Sikap awalan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
a) kaki melangkah selebar dan
secepat mungkin
b)
kaki belakang saat menolak dari tanah harus tertendang lurus
c) dengan cepat.
d) lutut ditekuk secara wajar agar
paha mudah terayun ke depan
e) lutut agak bengkok
Skor Sedang jika :hanya dua kriteria yang dilakukan
secara benar.
Skor Kurang jika :hanya satu kriteria yang
dilakukan secara benar.
(2)
Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
a) lengan diayun ke depan atas
sebatas hidung
b) sikut ditekuk kurang lebih
membentuk sudut 90 derajat
c) lengan diayunkan secara
bergantian secara konsisten
d) lengan diayunkan ke depan dan
ke belakang
Skor Sedang jika :hanya tiga kriteria yang
dilakukan secara benar.
Skor
Kurang jika :hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara
benar.
(3)
Sikap
akhir melakukan gerakan
Skor Baik jika :
a)
saat berlari badan rileks
b)
kepala segaris punggung
c) pandangan ke depan
d) badan condong ke depan
Skor
Sedang jika :hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor
Kurang jika :hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
b)
Pengolahan skor
Skor maksimum: 9
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai keterampilan yang diperoleh
peserta didik: SP/9 X 4
Rentang nilai keterampilan:
Nilai ketuntasan kompetensi pengetahuan dan keterampilan
dituangkan dalam bentuk angka dan huruf, yakni 1,0 – 4,0 untuk angka yang
ekuivalen dengan huruf D sampai dengan A sebagaimana tertera pada tabel
berikut.
NILAI KETUNTASAN KETRAMPILAN DAN PENGETAHUAN
|
|
ANGKA
|
PREDIKAT
|
4.00
|
A
|
3.67
|
A-
|
3.33
|
B+
|
3.00
|
B
|
2.67
|
B-
|
2.33
|
C+
|
2.00
|
C
|
1.67
|
C-
|
1.33
|
D+
|
1.00
|
D
|
b. Lembar pengamatan penilaian
hasil gerak spesifik start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki
garis finish lari jarak pendek.
1)
Penilaian hasil gerak spesifik lari jarak pendek menempuh jarak 100 m
a)
Tahap pelaksanaan pengukuran
Penilaian
hasil/produk gerak spesifik lari jarak pendek yang dilakukan siswa menempuh
jarak 100 m dengan dengan cara:
1)
Mula-mula siswa berdiri di belakang garis start.
2)
Setelah petugas pengukuran memberi aba-aba “mulai” siswa mulai
melakukan lari jarak pendek menempuh jarak 100 m.
3)
Petugas menghitung waktu tempuh yang dapat dilakukan oleh siswa.
4)
Jumlah waktu tempuh yang dilakukan dengan benar memenuhi
persyaratan dihitung untuk diberikan skor.
b) Konversi jumlah ulangan dengan skor
Perolehan
Nilai
|
Predikat
Nilai
|
Klasifikasi
Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
… ≤ 17 detik
|
… ≤ 20 detik
|
86-100
|
Sangat baik
|
17.01 - 18.00 detik
|
20.01 - 21.00 detik
|
71-85
|
Baik
|
18.01 - 19.00 detik
|
21.01 - 22.00 detik
|
56-70
|
Cukup
|
… ≥ 19.01 detik
|
… ≥ 22.01 detik
|
…≤ 5
|
Kurang
|
No comments:
Post a Comment