Labels

RPP bola voli SMP kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah
:
SMP NEGERI 1 NGAGLIK
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/ Semester
:
VII/ 1
Alokasi Waktu
:
3 JP ( 3x 40 menit/ 2x pertemuan )

A.    Kompetensi Inti
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.     Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1  Memahami konsep keterampilan gerak fundamental permainan bola besar.

3.1.1. Mengidentifikasikan berbagai keterampilan gerak passing bawah dan servis bawah permainan bola voli.
3.1.2. Menjelaskan berbagai keterampilan gerak passing bawah dan servis bawah permainan bola voli.
3.1.3. Menjelaskan cara melakukan berbagai keterampilan gerak passing bawah dan servis bawah permainan bola voli.

4.1. Mempraktikkan teknik dasar per-mainan bola besar dengan menekankan gerak dasar fundamental.

4.1.1. Melakukan berbagai keterampilan gerak passing bawah dan servis bawah permainan bola voli.
4.1.2. Menggunakan berbagai keterampilan gerak passing bawah dan servis bawah permainan bola voli dalam bentuk permainan bola voli yang dimodifikasi.









C.    Materi Pembelajaran
1.      Materi Pembelajaran Reguler

Gerak dasar passing bawah secara perseorangan sambil bergerak.
Gerak dasar passing bawah secara berpasangan di tempat.
Gerak dasar servis bawah secara berpasangan dan berhadapan dengan jarak 6 meter.
Gerak dasar servis bawah secara berpasangan dan berhadapan dengan jarak 9 meter.

2.      Materi Pembelajaran Remedial
Pada dasarnya materi pembelajaran remedial adalah materi pembelajaran regular yang disederhanakan sehingga lebih mudah dipahami dan dilakukan
3.      Materi Pembelajaran Pengayaan
Materi pengayaan dikembangkan dari materi pembelajaran regular dengan meningkatkan faktor kesulitan dan peraturan serta strategi permainan bola voli sesungguhnya

D.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Pendahuluan :
Kegiatan pendahuluan yang harus dilakukan oleh guru antara lain sebagai berikut.
·      Siswa mengucapkan salam atau selamat pagi kepada siswa.
·      Sebelum melakukan pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan guru berdoa dan bersalaman.
·      Tanyakan kondisi kesehatan siswa secara umum.
·      Menyampaikan Kompetensi Dasar yang harus dikuasai.
·      Menjelaskan cakupan materi dan tujuan pembelajaran tentang permainan bola voli
10 menit
2.
Kegiatan Inti :
Penciptaan situasi (stimulasi)
·      Siswa membaca buku dan mengamati tentang bola voli servis bawah dan passing bawah
·      Siswa menerima pertanyaan dari guru tentang hal yang berkaitan dengan bola voli servis bawah dan passing bawah

25 menit

Identifikasi Masalah
·     Siswa mengerti tentang definisi bola voli servis bawah dan passing bawah
·     Siswa memahami prosedur melakukan servis bawah dan passing bawah


Pengumpulan data
·     Guru menjelaskan tentang permainan bola voli servis bawah dan passing bawah
·     Siswa menuliskan hasil yang diperoleh dari pembelajaran bola voli servis bawah dan passing bawah


Pengolahan data
·     Siswa mencermati kembali (mengasosiasi) apa yang telah dituliskan tentang bola voli servis bawah dan passing bawah.


Pembuktian
·     Siswa melakukan pemeriksaan kembali dengan cermat untuk membuktikan temuannya dengan hipotesisnya.


Menarik Kesimpulan
·     Siswa menyimpulan tentang bola voli servis bawah dan passing bawah
·     Siswa mempresentasikan (mengkomunikasikan) hasil pembelajaran dan latihan di depan kelas

3.
Penutup :
·      Guru melakukan tanya jawab dengan siswa yang berkenaan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan. (konfirmasi, penilaian kognitif)
·      Melakukan pelepasan dan pendinginan yang dipimpin guru atau salah satu siswa yang dianggap mampu.
·      Menginformasikan materi minggu depan, berdoa dan bersalaman.
5 menit

Pertemuan 2
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Pendahuluan :
Kegiatan pendahuluan yang harus dilakukan oleh guru antara lain sebagai berikut.
·      Siswa dibariskan dan mengucapkan salam atau selamat pagi kepada siswa.
·      Sebelum melakukan pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan guru berdoa dan bersalaman.
·      Tanyakan kondisi kesehatan siswa secara umum.
o   Guru harus memastikan bahwa semua siswa dalam keadaan sehat, dan bila  kedapatan siswa menderita penyakit kronis harus diperlakukan secara khusus.
·      Menyampaikan Kompetensi Dasar yang harus dikuasai.
·      Menjelaskan cakupan materi dan tujuan pembelajaran tentang bola voli servis bawah dan passing bawah
·      Menyampaikan tehnik penilaian untuk kompetensi yang harus dikuasai, baik kompetensi sikap spiritual dengan observasi dalam bentuk jurnal, kompetensi pengetahuan dan kompetensi ketrampilan.
·      Siswa melakukan pemanasan menggunakan permainan
Bola voli dipantulkan kemudian dikejar temannya
15 menit
2.
Kegiatan Inti :
Penciptaan situasi (stimulasi)
·      Siswa membaca buku dan mengamati gambar bola voli servis bawah dan passing bawah).
·      Siswa menerima pertanyaan dari guru tentang hal yang berkaitan dengan latihan bola voli servis bawah dan passing bawah
·      Siswa mencoba melakukan latihan bola voli servis bawah dan passing bawah
·      Siswa menerima lembar kerja yang harus dilengkapi selama proses pembelajaran.
55 menit

Identifikasi Masalah
·     Siswa mengerti tentang definisi servis bawah dan passing bawah
·     Siswa memahami prosedur melakukan  servis bawah dan passing bawah


Pengumpulan data
·     Siswa dibagi sesui jumlah bola
·     Melakukan passing bawah dengan memantulkan bola ketanah
·     Passing bawah dengan berpasangan
·     Servis berpasangan dengan jarak 6 meter



Pengolahan data
·     Siswa mencermati kembali (mengasosiasi) apa yang telah dituliskan tentang bola voli servis bawah dan passing bawah.


Pembuktian
·     Siswa melakukan pemeriksaan kembali dengan cermat untuk membuktikan temuannya dengan hipotesisnya


Menarik Kesimpulan
·     Siswa menyimpulan tentang bola voli
·     Siswa mempresentasikan (mengkomunikasikan) hasil pembelajaran dan latihan di depan kelas

3.
Penutup :
·      Guru melakukan tanya jawab dengan siswa yang berkenaan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan. (konfirmasi, penilaian kognitif)
·      Melakukan pelepasan dan pendinginan yang dipimpin guru atau salah satu siswa yang dianggap mampu.
·      Menginformasikan materi minggu depan, berdoa dan bersalaman.
10 menit

E.     Penilaian (terlampir)
1.    Jenis/teknik penilaian
2.    Bentuk instrumen dan Pedoman penskoran

F.     Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media/alat
a.    Gambar: servis bawah dan passing bawah.
b.    Cone
c.     Peluit
d.    Stopwatch
2.    Sumber Belajar
a.   Buku siswa: Muhajir. 2016. PJOK. Jakarta: Kemdikbud
b.   Buku guru: Muhajir. 2016. PJOK. Jakarta: Kemdikbud







Mengetahui                                                                             Sleman, 27 Juli 2016
Guru Pembimbing                                                                   Guru Mata Pelajaran



Muhammad Azwar Anas, S.Pd Kor                                       Erlan Dwi Rusianto
                                                                                                NIM. 13601241086




































                                                                                   

Lampiran 1.
1.      Rancangan Penilaian :

No

Kompetensi Dasar

Teknik Penilaian

Ket.
Pengetahuan
Keterampilan
3
3.5 Memahami konsep latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan dan pengukuran hasilnya
Tes tertulis

·         Diberikan di akhir pelajaran dengan durasi 5 menit.
·         Bentuk soal pilihan ganda.
·         Jumlah soal : 5 butir
4
4.5 Mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan dan pengukuran hasilnya.

Praktik
·         Dilakukan pada saat proses pembelajaran (penilaian proses)
·         Penilaian produk dilakukan akhir pembelajaran inti



2.      Penilaian Sikap Spritual
a.              Teknik penilaian
Pengamatan oleh teman sejawat
b.             Bentuk Instrumen dan instrumen
Lembar pengamatan sikap spritual

Nama                                : ...........................................................
Kelas                                : ...........................................................
Petugas Pengamatan        : ...........................................................
1)    Petunjuk Penilaian
Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
2)    Rubrik Penilaian Sikap Spritual

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.




2.
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan.




3.
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.




4.
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan.




5.
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan.





Jumlah skor maksimal = 20





c.              Pedoman penskoran
1)             Penskoran
Skor 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
tidak melakukan.
Skor 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan.
Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2)            Pengolahan skor
Skor maksimum: 20
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/20 X 4
Rentang nilai sikap spritual:
Nilai ketuntasan kompetensi sikap dituangkan dalam bentuk angka dan predikat, yakni 1,00 – 4,00 untuk angka yang ekuivalen dengan predikat Kurang (K), Cukup (C), Baik (B), dan Sangat Baik (SB) sebagaimana tertera pada tabel berikut.
Nilai Ketuntasan Sikap
Angka
Predikat
4.00
Sangat Baik
3.00
Baik
2.0
Cukup
1.00
Kurang


3.      Penilaian Sikap Sosial
a.              Teknik penilaian
Pengamatan oleh teman sejawat
b.             Bentuk Instrumen dan instrumen
Lembar pengamatan sikap sosial

Nama                                : ...........................................................
Kelas                                : ...........................................................
Petugas Pengamatan        : ...........................................................

1)    Petunjuk Penilaian
tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
2)    Rubrik Penilaian Sikap Sosial

No.
ASPEK
SKOR (1 - 4)
1.
Sportifitas
a.       Mengikuti aktivitas dengan taat pada peraturan yang berlaku.
b.      Menghormati sesama teman dalam melakukan aktivitas.
c.       Tidak menyalahkan teman yang lain apabila terjadi kesalahan dalam melakukan sesuatu.
d.      Menerima kemenangan dan kekalahan dengan lapang dada dalam melakukan aktivitas jasmani.


2.
Tanggung Jawab
a.       Sebagai peserta didik mengerjakan tugas-tugas dengan baik.
b.       Berani menerima resiko atas tindakan yang dilakukan.
c.       Mengembalikan barang yang dipinjamkan dari orang lain.
d.      Berani meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain.


3.
Kerja sama
a.       Sebagai anggota melibatkan diri dan mengambil peran secara aktif dalam kelompok.
b.      Sebagai anggota kelompok berbagi tugas dengan anggota lain (tidak mendominasi).
c.     Tidak mengganggu peserta didik yang lain.
d.    Membantu mempersiapkan dan merapikan peralatan pembelajaran.


4.
Disiplin
a.      Hadir tepat waktu.
b.      Menggunakan pakaian olahraga yang telah ditetapkan oleh sekolah.
c.       Mengikuti seluruh proses pembelajaran sesuai dengan prosedur kerja.
d.      Mengerjakan tugas yang diberikan tepat waktu.


TOTAL SKOR = 16

Berikan




c.              Pedoman Penskoran
1)             Penskoran
Skor 4, jika seluruh indikator ditunjukkan oleh teman yang diamati.
Skor 3, jika tiga indikator ditunjukkan oleh teman yang diamati.
Skor 2, jika dua indikator ditunjukkan oleh teman yang diamati.
Skor 1, jika hanya satu indikator ditunjukkan oleh teman yang diamati.
2)            Pengolahan skor
Skor maksimum: 16
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/16 X 4
Rentang nilai sikap:

Nilai ketuntasan kompetensi sikap dituangkan dalam bentuk angka dan predikat, yakni 1,00 – 4,00 untuk angka yang ekuivalen dengan predikat Kurang (K), Cukup (C), Baik (B), dan Sangat Baik (SB) sebagaimana tertera pada tabel berikut.
Nilai Ketuntasan Sikap
Angka
Predikat
4.00
Sangat Baik
3.00
Baik
2.0
Cukup
1.00
Kurang



4.      Penilaian Pengetahuan
a.              Teknik penilaian
Ujian tulis
b.             Bentuk Instrumen dan instrumen
Soal ujian tulis

Nama                                : ...........................................................
Kelas                                : ...........................................................

No
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
Jawaban
1.
Fakta
a.     Sebutkan berbagai keterampilan gerak passing bawah permainan bola voli!
b.     Sebutkan berbagai keterampilan gerak servis bawah permainan bola voli!

2.
Konsep
a.     Jelaskan berbagai keterampilan gerak passing bawah permainan bola voli!
b.     Jelaskanberbagai keterampilan gerak servis bawah permainan bola voli!

3.
Prosedur
a.     Jelaskan cara melakukan berbagai keterampilan gerak passing bawah permainan bola voli!
b.     Jelaskan cara melakukan berbagai keterampilan gerak servis bawah permainan bola voli!


c.              Pedoman penskoran
1)           Penskoran
a)    Soal nomor 1
(1)      Skor 3, jika jenis disebut secara lengkap
(2)      Skor 2, jika jenis disebut secara kurang lengkap
(3)      Skor 1, jika jenis disebut tidak lengkap
b)   Soal nomor 2
(1)      Skor 4, jika penjelasan benar dan lengkap
(2)      Skor 3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
(3)      Skor 2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
(4)      Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap

c)    Soal nomor 3
(1)      Skor 3, jika jenis disebut secara lengkap
(2)      Skor 2, jika jenis disebut secara kurang lengkap
(3)      Skor 1, jika jenis disebut tidak lengkap
d)                  Soal nomor 4
(1)       Skor 4, jika urutan benar dan lengkap
(2)       Skor 3, jika urutan benar tetapi kurang lengkap
(3)       Skor 2, jika sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap
(4)       Skor 1, jika hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap.

2)           Pengolahan skor
Skor maksimum: 24
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/24 X 4
Rentang nilai pengetahuan:
Nilai ketuntasan kompetensi pengetahuan dan keterampilan dituangkan dalam bentuk angka dan huruf, yakni 1,0 – 4,0 untuk angka yang ekuivalen dengan huruf D sampai dengan A sebagaimana tertera pada tabel berikut.

NILAI KETUNTASAN  KETRAMPILAN DAN PENGETAHUAN
ANGKA
PREDIKAT
4.00
A
3.67
A-
3.33
B+
3.00
B
2.67
B-
2.33
C+
2.00
C
1.67
C-
1.33
D+
1.00
D


5.      Penilaian Keterampilan
a.              Lembar pengamatan proses variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing bawah dan servis bawah permainan bola voli
1)                                  Jenis/teknik penilaian
Uji unjuk kerja oleh rekan sejawat (dalam permainan)
2)                                  Bentuk Instrumen dan instrumen
Peserta didik diminta untuk melakukan variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing bawah dan servis bawah permainan bola voli yang dilakukan berpasangan, berkelompok atau dalam bentuk bermain.
Nama                                  : ...........................................................
Kelas                                               : ...........................................................
Petugas Pengamatan           : ...........................................................

a)    Petunjuk Penilaian
Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan keterampilangerak yang diharapkan.

b)    Rubrik Penilaian Keterampilan Gerak
No.
Indikator Penilaian
Hasil Penilaian
Baik
(3)
Cukup (2)
Kurang (1)
1.
Sikap  awalan melakukan gerakan



2.
Sikap pelaksanaan melakukan gerakan



3.
Sikap akhir melakukan gerakan



Skor Maksimal (9)

3)             Pedoman penskoran
a)        Penskoran
(1)     Sikap awalan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)      ambil posisi sikap siap normal.
(b)     pada saat tangan akan dikenakan pada bola, segera tangan dan juga lengan diturunkan.
(c)      tangan dan lengan dalam keadaan terjulur ke bawah depan dan lurus.
Skor Sedang jika :hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika :hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.

(2)     Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)      berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut direndahkan
(b)     rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan badan
(c)      dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola
(d)     perkenaan bola yang baik tepat pada pergelangan tangan
Skor Sedang jika :hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika :hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.

(3)     Sikap akhir melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)      pandangan mata ke arah lepasnya/dorongan bola.
(b)     badan sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya terletak di antara kedua kaki
(c)      lengan yang mempassing bola berada di depan dengan posisi badan rileks.
Skor Sedang jika :hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika :hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
b)        Pengolahan skor
Skor maksimum: 9
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai keterampilan yang diperoleh peserta didik: SP/9 X 4
Rentang nilai keterampilan:
Nilai ketuntasan kompetensi pengetahuan dan keterampilan dituangkan dalam bentuk angka dan huruf, yakni 1,0 – 4,0 untuk angka yang ekuivalen dengan huruf D sampai dengan A sebagaimana tertera pada tabel berikut.

NILAI KETUNTASAN  KETRAMPILAN DAN PENGETAHUAN
ANGKA
PREDIKAT
4.00
A
3.67
A-
3.33
B+
3.00
B
2.67
B-
2.33
C+
2.00
C
1.67
C-
1.33
D+
1.00
D

b.               Lembar pengamatan penilaian hasil keterampilan gerak passing bawah dan servis bawah bola permainan bola voli.
1)         Penilaian hasil keterampilan gerak passing bawah
a)        Tahap pelaksanaan pengukuran
Penilaian hasil/produk keterampilan gerak passing bawah dilakukan peserta didik selama 30 detik dengan dengan cara :
(1)     Mula-mula peserta didik berdiri dengan memegang bola.
(2)     Setelah petugas pengukuran memberi aba-aba “mulai” peserta didik mulai mempasingkan bola setinggi 242 centimeter.
(3)     Petugas menghitung ulangan/pantulan bola yang dapat dilakukan oleh peserta didik.
(4)     Jumlah ulangan/pantulan bola yang dilakukan dengan benar memenuhi persyaratan dihitung untuk diberikan skor.

b)        Konversi jumlah ulangan dengan skor
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… > 17 kali
…… > 15 kali
100%
Sangat Baik
14 – 16 kali
12 – 14 kali
90%
Baik
11 – 13 kali
9 – 11 kali
80%
Cukup
8 – 10 kali
6 – 8 kali
70%
Kurang
........ <  8 kali
........ <  6 kali
60%
Kurang Sekali

2)      Penilaian hasil keterampilan gerak servis bawah
a)        Tahap pelaksanaan pengukuran
Penilaian hasil/produk keterampilan gerak servis bawah dilakukan peserta didik selama 30 detik dengan dengan cara :
(1)     Mula-mula peserta didik berdiri di belakang lapangan  dengan memegang bola.
(2)     Setelah petugas pengukuran memberi aba-aba “mulai” peserta didik mulai servis bawah sebanyak enam kali servis.
(3)     Petugas menghitung bola yang dapat melewati net yang dilakukan oleh peserta didik.
(4)     Jumlah bola yang dapat melewati net yang dilakukan dengan benar memenuhi persyaratan dihitung untuk diberikan skor.
b)        Konversi jumlah ulangan dengan skor
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… > 18 angka
…… > 15 angka
100%
Sangat Baik
15 – 17 angka
12 – 14 angka
90%
Baik
12 – 14 angka
9 – 11 angka
80%
Cukup
9 – 11 angka
6 – 8 angka
70%
Kurang
........ <  9 angka
........ <  6 angka
60%
Kurang Sekali

c.         Penilaian hasil keterampilan gerak passing bawah dan servis bawah
Pengolahan skor keterampilan proses dan skor keterampilan hasil keterampilan gerak menjadi skor akhir.
Untuk memperoleh skor akhir, perlu diberikan pembobotan sesuai dengan tujuan akhir dari pembelajaran (contoh 70% untuk skor keterampilan proses keterampilan gerak, dan 30% untuk skor keterampilan hasil gerak)



No comments:

Post a Comment

Featured post

Lembar PAS Penjas kelas 6 Semester 2 (Raport PJOK)

Untuk Guru Penjas tentu saat akhir semsester mengumpulkan nilai kepada Wali kelas namun formulir yang dikumpulkan kepada wali kelas ...