RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP NEGERI 1 NGAGLIK
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas/
Semester
|
:
|
VII/ 1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3 JP ( 3x 40 menit/ 2x pertemuan )
|
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1 Memahami
konsep keterampilan gerak fundamental permainan bola besar.
|
3.1.1. Mengidentifikasikan
berbagai keterampilan gerak passing bawah dan servis bawah permainan bola voli.
3.1.2. Menjelaskan
berbagai keterampilan gerak passing bawah dan servis bawah permainan bola voli.
3.1.3. Menjelaskan
cara melakukan berbagai keterampilan gerak passing bawah dan servis bawah permainan bola voli.
|
4.1. Mempraktikkan teknik dasar per-mainan bola besar dengan menekankan gerak dasar fundamental.
|
4.1.1. Melakukan
berbagai keterampilan gerak passing bawah dan servis bawah permainan bola voli.
4.1.2. Menggunakan
berbagai keterampilan gerak passing bawah dan servis bawah permainan bola voli dalam bentuk
permainan bola voli yang dimodifikasi.
|
C. Materi Pembelajaran
1.
Materi
Pembelajaran Reguler
Gerak dasar passing bawah secara perseorangan
sambil bergerak.
Gerak dasar passing bawah secara berpasangan di
tempat.

Gerak dasar servis bawah
secara berpasangan dan berhadapan dengan jarak 6 meter.
Gerak dasar servis bawah
secara berpasangan dan berhadapan dengan jarak 9 meter.

2.
Materi
Pembelajaran Remedial
Pada dasarnya materi pembelajaran remedial adalah materi pembelajaran
regular yang disederhanakan sehingga lebih mudah dipahami dan dilakukan
3.
Materi
Pembelajaran Pengayaan
Materi pengayaan dikembangkan dari materi pembelajaran regular dengan
meningkatkan faktor kesulitan dan peraturan serta strategi permainan bola voli sesungguhnya
D.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
||
1.
|
Pendahuluan
:
Kegiatan pendahuluan yang harus dilakukan oleh guru antara lain sebagai berikut.
·
Siswa
mengucapkan salam atau selamat pagi kepada siswa.
·
Sebelum melakukan
pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan guru berdoa dan bersalaman.
·
Tanyakan
kondisi kesehatan siswa secara umum.
·
Menyampaikan
Kompetensi Dasar yang harus dikuasai.
·
Menjelaskan cakupan
materi dan tujuan pembelajaran tentang permainan bola voli
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti :
Penciptaan situasi (stimulasi)
·
Siswa membaca
buku dan mengamati tentang bola voli servis bawah dan
passing bawah
·
Siswa menerima pertanyaan dari
guru tentang hal yang berkaitan dengan bola voli servis bawah dan passing
bawah
|
25 menit
|
Identifikasi Masalah
· Siswa
mengerti tentang definisi bola voli servis
bawah dan passing bawah
· Siswa
memahami prosedur melakukan servis bawah dan
passing bawah
|
||
Pengumpulan data
·
Guru menjelaskan tentang
permainan bola voli servis bawah dan passing
bawah
·
Siswa menuliskan hasil yang
diperoleh dari pembelajaran bola voli servis
bawah dan passing bawah
|
||
Pengolahan data
·
Siswa mencermati kembali (mengasosiasi) apa yang telah
dituliskan tentang bola voli servis bawah dan
passing bawah.
|
||
Pembuktian
·
Siswa melakukan pemeriksaan kembali
dengan cermat untuk membuktikan temuannya dengan hipotesisnya.
|
||
Menarik Kesimpulan
·
Siswa menyimpulan tentang bola voli servis bawah dan passing bawah
· Siswa mempresentasikan (mengkomunikasikan) hasil pembelajaran dan latihan di depan kelas
|
||
3.
|
Penutup :
· Guru melakukan tanya jawab dengan siswa yang
berkenaan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan. (konfirmasi, penilaian kognitif)
· Melakukan pelepasan dan pendinginan yang
dipimpin guru atau salah satu siswa yang dianggap mampu.
· Menginformasikan
materi minggu depan, berdoa dan
bersalaman.
|
5 menit
|
Pertemuan 2
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
||
1.
|
Pendahuluan
:
Kegiatan pendahuluan yang harus dilakukan oleh guru antara lain sebagai berikut.
·
Siswa
dibariskan dan mengucapkan salam atau selamat pagi kepada siswa.
·
Sebelum melakukan
pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan guru berdoa dan bersalaman.
·
Tanyakan
kondisi kesehatan siswa secara umum.
o
Guru harus memastikan bahwa semua siswa dalam
keadaan sehat, dan bila kedapatan siswa menderita penyakit kronis
harus diperlakukan secara khusus.
·
Menyampaikan
Kompetensi Dasar yang harus dikuasai.
·
Menjelaskan
cakupan materi dan tujuan pembelajaran tentang bola voli servis bawah dan
passing bawah
·
Menyampaikan tehnik penilaian
untuk kompetensi yang harus dikuasai, baik kompetensi sikap spiritual dengan
observasi dalam bentuk jurnal, kompetensi pengetahuan dan kompetensi
ketrampilan.
·
Siswa melakukan pemanasan menggunakan permainan
Bola voli dipantulkan kemudian dikejar temannya
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti :
Penciptaan situasi (stimulasi)
·
Siswa membaca
buku dan mengamati gambar bola voli servis bawah dan
passing bawah).
·
Siswa menerima pertanyaan dari
guru tentang hal yang berkaitan dengan latihan bola voli servis bawah dan
passing bawah
·
Siswa mencoba melakukan latihan bola voli servis bawah dan passing
bawah
·
Siswa menerima
lembar kerja yang harus dilengkapi selama proses pembelajaran.
|
55 menit
|
Identifikasi Masalah
· Siswa
mengerti tentang definisi servis bawah dan
passing bawah
· Siswa
memahami prosedur melakukan servis bawah dan passing bawah
|
||
Pengumpulan data
·
Siswa dibagi sesui jumlah bola
·
Melakukan passing bawah dengan
memantulkan bola ketanah
·
Passing bawah dengan berpasangan
·
Servis berpasangan dengan jarak
6 meter
|
||
Pengolahan data
·
Siswa mencermati kembali (mengasosiasi) apa yang telah
dituliskan tentang bola voli servis bawah dan
passing bawah.
|
||
Pembuktian
·
Siswa melakukan pemeriksaan kembali
dengan cermat untuk membuktikan temuannya dengan hipotesisnya
|
||
Menarik Kesimpulan
·
Siswa menyimpulan tentang bola
voli
· Siswa mempresentasikan (mengkomunikasikan) hasil pembelajaran dan latihan di depan kelas
|
||
3.
|
Penutup :
· Guru melakukan tanya jawab dengan siswa yang
berkenaan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan. (konfirmasi, penilaian kognitif)
· Melakukan pelepasan dan pendinginan yang
dipimpin guru atau salah satu siswa yang dianggap mampu.
· Menginformasikan
materi minggu depan, berdoa dan
bersalaman.
|
10 menit
|
E.
Penilaian (terlampir)
1.
Jenis/teknik penilaian
2.
Bentuk instrumen dan
Pedoman
penskoran
F.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat
a. Gambar: servis
bawah dan passing bawah.
b. Cone
c. Peluit
d. Stopwatch
2.
Sumber
Belajar
a.
Buku siswa: Muhajir. 2016. PJOK. Jakarta: Kemdikbud
b. Buku guru: Muhajir. 2016. PJOK. Jakarta: Kemdikbud
Mengetahui Sleman, 27 Juli 2016
Guru Pembimbing Guru Mata Pelajaran
Muhammad
Azwar Anas, S.Pd Kor Erlan
Dwi Rusianto
NIM.
13601241086
Lampiran 1.
1. Rancangan Penilaian :
No
|
Kompetensi Dasar
|
Teknik Penilaian
|
Ket.
|
|
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
|||
3
|
3.5 Memahami konsep latihan peningkatan
derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan dan pengukuran
hasilnya
|
Tes
tertulis
|
·
Diberikan di akhir pelajaran dengan durasi 5 menit.
·
Bentuk
soal pilihan ganda.
·
Jumlah
soal : 5 butir
|
|
4
|
4.5 Mempraktikkan latihan peningkatan derajat
kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan dan pengukuran hasilnya.
|
Praktik
|
·
Dilakukan pada saat proses pembelajaran (penilaian
proses)
·
Penilaian produk dilakukan akhir pembelajaran inti
|
2.
Penilaian
Sikap Spritual
a.
Teknik penilaian
Pengamatan oleh teman sejawat
b.
Bentuk Instrumen dan instrumen
Lembar pengamatan sikap spritual
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
Petugas Pengamatan : ...........................................................
1)
Petunjuk Penilaian
Berikan
tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik
menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
2)
Rubrik Penilaian
Sikap Spritual
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Berdoa sebelum dan sesudah
melakukan sesuatu.
|
||||
2.
|
Mengucapkan rasa syukur atas
karunia Tuhan.
|
||||
3.
|
Memberi salam sebelum dan sesudah
menyampaikan pendapat/presentasi.
|
||||
4.
|
Mengungkapkan kekaguman secara
lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan.
|
||||
5.
|
Merasakan keberadaan dan
kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan.
|
||||
Jumlah
skor maksimal = 20
|
c.
Pedoman penskoran
1)
Penskoran
Skor 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan.
Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang
tidak melakukan.
Skor 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan sering tidak
melakukan.
Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2)
Pengolahan
skor
Skor maksimum: 20
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta
didik: SP/20 X 4
Rentang nilai sikap spritual:
Nilai ketuntasan
kompetensi sikap dituangkan dalam bentuk angka dan predikat, yakni 1,00 – 4,00
untuk angka yang ekuivalen dengan predikat Kurang (K), Cukup (C), Baik (B), dan
Sangat Baik (SB) sebagaimana tertera pada tabel berikut.
Nilai Ketuntasan Sikap
|
|
Angka
|
Predikat
|
4.00
|
Sangat Baik
|
3.00
|
Baik
|
2.0
|
Cukup
|
1.00
|
Kurang
|
3.
Penilaian
Sikap Sosial
a.
Teknik penilaian
Pengamatan oleh teman sejawat
b.
Bentuk Instrumen dan instrumen
Lembar pengamatan sikap sosial
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
Petugas Pengamatan : ...........................................................
1)
Petunjuk Penilaian
tanda cek
(√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau
menampilkan perilaku yang diharapkan.
2)
Rubrik Penilaian
Sikap Sosial
No.
|
ASPEK
|
SKOR (1 - 4)
|
1.
|
Sportifitas
a. Mengikuti
aktivitas dengan taat pada peraturan yang berlaku.
b. Menghormati
sesama teman dalam melakukan aktivitas.
c. Tidak
menyalahkan teman yang lain apabila terjadi kesalahan dalam melakukan
sesuatu.
d. Menerima
kemenangan dan kekalahan dengan lapang dada dalam melakukan aktivitas
jasmani.
|
|
2.
|
Tanggung Jawab
a. Sebagai peserta didik mengerjakan tugas-tugas dengan
baik.
b. Berani menerima resiko atas tindakan yang dilakukan.
c. Mengembalikan barang yang dipinjamkan dari orang lain.
d. Berani meminta maaf jika melakukan kesalahan yang
merugikan orang lain.
|
|
3.
|
Kerja
sama
a. Sebagai
anggota melibatkan diri dan mengambil peran secara aktif dalam kelompok.
b. Sebagai
anggota kelompok berbagi tugas dengan anggota lain (tidak mendominasi).
c. Tidak
mengganggu peserta didik yang lain.
d. Membantu
mempersiapkan dan merapikan peralatan pembelajaran.
|
|
4.
|
Disiplin
a. Hadir
tepat waktu.
b. Menggunakan
pakaian olahraga yang telah ditetapkan oleh sekolah.
c. Mengikuti
seluruh proses pembelajaran sesuai dengan prosedur kerja.
d. Mengerjakan
tugas yang diberikan tepat waktu.
|
|
TOTAL SKOR = 16
|
Berikan
c.
Pedoman Penskoran
1)
Penskoran
Skor 4, jika seluruh indikator
ditunjukkan oleh teman yang diamati.
Skor 3, jika tiga indikator ditunjukkan
oleh teman yang diamati.
Skor 2, jika dua indikator ditunjukkan
oleh teman yang diamati.
Skor 1, jika hanya satu indikator
ditunjukkan oleh teman yang diamati.
2)
Pengolahan
skor
Skor maksimum: 16
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta
didik: SP/16 X 4
Rentang nilai sikap:
Nilai ketuntasan kompetensi
sikap dituangkan dalam bentuk angka dan predikat, yakni 1,00 – 4,00 untuk angka
yang ekuivalen dengan predikat Kurang (K), Cukup (C), Baik (B), dan Sangat Baik
(SB) sebagaimana tertera pada tabel berikut.
Nilai Ketuntasan Sikap
|
|
Angka
|
Predikat
|
4.00
|
Sangat Baik
|
3.00
|
Baik
|
2.0
|
Cukup
|
1.00
|
Kurang
|
4.
Penilaian
Pengetahuan
a.
Teknik penilaian
Ujian tulis
b.
Bentuk Instrumen dan instrumen
Soal ujian tulis
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
No
|
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
|
Jawaban
|
1.
|
Fakta
a. Sebutkan
berbagai keterampilan gerak passing bawah permainan bola voli!
b. Sebutkan
berbagai keterampilan gerak servis bawah permainan bola voli!
|
|
2.
|
Konsep
a. Jelaskan
berbagai keterampilan gerak passing bawah permainan bola voli!
b. Jelaskanberbagai
keterampilan gerak servis bawah permainan bola voli!
|
|
3.
|
Prosedur
a. Jelaskan
cara melakukan berbagai keterampilan gerak passing bawah permainan bola voli!
b. Jelaskan
cara melakukan berbagai keterampilan gerak servis bawah permainan bola voli!
|
c.
Pedoman
penskoran
1)
Penskoran
a)
Soal
nomor 1
(1) Skor
3, jika jenis disebut secara lengkap
(2) Skor
2, jika jenis disebut secara kurang lengkap
(3) Skor
1, jika jenis disebut tidak lengkap
b)
Soal
nomor 2
(1) Skor
4, jika penjelasan benar dan lengkap
(2) Skor
3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
(3) Skor
2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
(4) Skor
1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
c)
Soal
nomor 3
(1) Skor
3, jika jenis disebut secara lengkap
(2) Skor
2, jika jenis disebut secara kurang lengkap
(3) Skor
1, jika jenis disebut tidak lengkap
d)
Soal
nomor 4
(1) Skor
4, jika urutan benar dan lengkap
(2) Skor
3, jika urutan benar tetapi kurang lengkap
(3) Skor
2, jika sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap
(4) Skor
1, jika hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap.
2)
Pengolahan
skor
Skor maksimum: 24
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta
didik: SP/24 X 4
Rentang nilai pengetahuan:
Nilai ketuntasan kompetensi pengetahuan
dan keterampilan dituangkan dalam bentuk angka dan huruf, yakni 1,0 – 4,0 untuk
angka yang ekuivalen dengan huruf D sampai dengan A sebagaimana tertera pada
tabel berikut.
NILAI
KETUNTASAN KETRAMPILAN DAN PENGETAHUAN
|
|
ANGKA
|
PREDIKAT
|
4.00
|
A
|
3.67
|
A-
|
3.33
|
B+
|
3.00
|
B
|
2.67
|
B-
|
2.33
|
C+
|
2.00
|
C
|
1.67
|
C-
|
1.33
|
D+
|
1.00
|
D
|
5.
Penilaian
Keterampilan
a.
Lembar pengamatan proses variasi dan kombinasi
keterampilan gerak passing bawah dan servis bawah permainan bola voli
1)
Jenis/teknik penilaian
Uji unjuk kerja oleh rekan sejawat (dalam
permainan)
2)
Bentuk Instrumen dan instrumen
Peserta
didik diminta untuk melakukan variasi dan kombinasi keterampilan gerak passing
bawah dan servis bawah permainan bola voli yang dilakukan berpasangan,
berkelompok atau dalam bentuk bermain.
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
Petugas Pengamatan :
...........................................................
a)
Petunjuk Penilaian
Berikan tanda
cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau
menampilkan keterampilangerak yang diharapkan.
b)
Rubrik Penilaian
Keterampilan Gerak
No.
|
Indikator Penilaian
|
Hasil Penilaian
|
||
Baik
(3)
|
Cukup (2)
|
Kurang (1)
|
||
1.
|
Sikap awalan melakukan gerakan
|
|||
2.
|
Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
|
|||
3.
|
Sikap akhir melakukan gerakan
|
|||
Skor Maksimal (9)
|
3)
Pedoman
penskoran
a)
Penskoran
(1) Sikap awalan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a) ambil
posisi sikap siap normal.
(b) pada
saat tangan akan dikenakan pada bola, segera tangan dan juga lengan diturunkan.
(c) tangan
dan lengan dalam keadaan terjulur ke bawah depan dan lurus.
Skor Sedang jika :hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika :hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
(2) Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)
berdiri
tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut direndahkan
(b)
rapatkan
dan luruskan kedua lengan di depan badan
(c)
dorongkan
kedua lengan ke arah datangnya bola
(d) perkenaan bola yang baik tepat pada
pergelangan tangan
Skor Sedang jika :hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika :hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan
secara benar.
(3)
Sikap akhir melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)
pandangan
mata ke arah lepasnya/dorongan bola.
(b)
badan
sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya terletak di antara kedua kaki
(c)
lengan
yang mempassing bola berada di depan dengan posisi badan rileks.
Skor Sedang jika :hanya
dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika :hanya
satu kriteria yang dilakukan secara benar.
b)
Pengolahan
skor
Skor maksimum: 9
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai keterampilan yang diperoleh
peserta didik: SP/9 X 4
Rentang nilai keterampilan:
Nilai ketuntasan
kompetensi pengetahuan dan keterampilan dituangkan dalam bentuk angka dan
huruf, yakni 1,0 – 4,0 untuk angka yang ekuivalen dengan huruf D sampai dengan
A sebagaimana tertera pada tabel berikut.
NILAI
KETUNTASAN KETRAMPILAN DAN PENGETAHUAN
|
|
ANGKA
|
PREDIKAT
|
4.00
|
A
|
3.67
|
A-
|
3.33
|
B+
|
3.00
|
B
|
2.67
|
B-
|
2.33
|
C+
|
2.00
|
C
|
1.67
|
C-
|
1.33
|
D+
|
1.00
|
D
|
b.
Lembar pengamatan penilaian hasil keterampilan
gerak passing bawah dan servis bawah bola permainan bola voli.
1)
Penilaian hasil keterampilan gerak passing bawah
a)
Tahap pelaksanaan pengukuran
Penilaian hasil/produk keterampilan gerak passing bawah dilakukan
peserta didik selama 30 detik dengan dengan cara :
(1) Mula-mula
peserta didik berdiri dengan memegang bola.
(2) Setelah
petugas pengukuran memberi aba-aba “mulai” peserta didik mulai mempasingkan
bola setinggi 242 centimeter.
(3) Petugas
menghitung ulangan/pantulan bola yang dapat dilakukan oleh peserta didik.
(4) Jumlah
ulangan/pantulan bola yang dilakukan dengan benar memenuhi persyaratan dihitung
untuk diberikan skor.
b)
Konversi jumlah ulangan dengan skor
Perolehan
Nilai
|
Kriteria
Pengskoran
|
Klasifikasi
Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
……
> 17 kali
|
……
> 15 kali
|
100%
|
Sangat Baik
|
14
– 16 kali
|
12
– 14 kali
|
90%
|
Baik
|
11
– 13 kali
|
9
– 11 kali
|
80%
|
Cukup
|
8
– 10 kali
|
6
– 8 kali
|
70%
|
Kurang
|
........ < 8 kali
|
........ < 6 kali
|
60%
|
Kurang Sekali
|
2) Penilaian
hasil keterampilan gerak servis bawah
a)
Tahap pelaksanaan pengukuran
Penilaian hasil/produk keterampilan gerak servis bawah dilakukan
peserta didik selama 30 detik dengan dengan cara :
(1) Mula-mula
peserta didik berdiri di belakang lapangan
dengan memegang bola.
(2) Setelah
petugas pengukuran memberi aba-aba “mulai” peserta didik mulai servis bawah
sebanyak enam kali servis.
(3) Petugas
menghitung bola yang dapat melewati net yang dilakukan oleh peserta didik.
(4) Jumlah
bola yang dapat melewati net yang dilakukan dengan benar memenuhi persyaratan
dihitung untuk diberikan skor.
b)
Konversi jumlah ulangan dengan skor
Perolehan
Nilai
|
Kriteria
Pengskoran
|
Klasifikasi
Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
……
> 18 angka
|
……
> 15 angka
|
100%
|
Sangat Baik
|
15
– 17 angka
|
12
– 14 angka
|
90%
|
Baik
|
12
– 14 angka
|
9
– 11 angka
|
80%
|
Cukup
|
9
– 11 angka
|
6
– 8 angka
|
70%
|
Kurang
|
........ < 9 angka
|
........ < 6 angka
|
60%
|
Kurang Sekali
|
c.
Penilaian hasil keterampilan gerak passing bawah
dan servis bawah
Pengolahan skor keterampilan proses dan skor keterampilan hasil
keterampilan gerak menjadi skor akhir.
Untuk memperoleh skor akhir, perlu
diberikan pembobotan sesuai dengan tujuan akhir dari pembelajaran (contoh 70%
untuk skor keterampilan proses keterampilan gerak, dan 30% untuk skor
keterampilan hasil gerak)
No comments:
Post a Comment