Labels

RPP SOFTBALL K13 SMA


dowanload versi .doc 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah           : SMK N 7 YOGYAKARTA
Mata pelajaran          : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Program Keahlian        : Semua Keahlian
Kelas/Semester          : X/1
Tahun Pelajaran           : 2017/2018
Alokasi Waktu          : 2 x 45 menit x  4  pertemuan

A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung­­jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, mene­rapkan, menganali­sis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerap-kan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan                                        

B.   Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.



Kompetensi Dasar
3.2 Menerapkan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak
4.2 Mempraktikan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1 Memahami teknik dasar aktifitas olahraga permainan bola kecil melalui permaianan bulutangkis untuk menghasilkan koordinasi gerak
3.2.2 Memahami teknik dasar aktifitas olahraga permainan bola kecil melalui permaianan tenismeja untuk menghasilkan koordinasi gerak
3.2.3 Memahami teknik dasar aktifitas olahraga permainan bola kecil melalui permaianan softball untuk menghasilkan koordinasi gerak
4.2.1 Menerapkan teknik dasar aktifitas olahraga permainan bola kecil melalui permaianan bulutangkis
4.2.2 Menerapkan teknik dasar aktifitas olahraga permainan bola kecil melalui permainan tenis meja
4.2.3 Menerapkan teknik dasar aktifitas olahraga permainan bola kecil melalui permaianan softball
D.   Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran  dengan model  Discovery Learning peserta didik dapat menerapkan gerakan melempar,menangkap,dan memukul bola dalam permainan softball.

E.   Materi Pembelajaran 
Teknik Dasar Permainan Softball :
·     Teknik melampar dan menangkap bola softball
·     Teknik memukul bola softball
·     Bermain softball dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi

F.   Pendekatan dan Metode
Pendekatan                     : Saintifik, Pembelajaran Kontekstual
Model                             : Discovery Learning
Metode Pembelajaran   : Demonstrasi, bagian dan keseluruhan (part and whole), permainan (game), dan saling menilai sesama teman (resiprocal).
G.  Kegiatan Pembelajaran :

1.    Pertemuan Pertama: (2 JP)
Indikator:
3.2.1. Menyebutkan macam – macam teknik dasar permainan soft ball.
3.2.2 Menjelaskan cara membuat bola softball dari limbah kertas dan plastik ( Mengarah ke Sekolah Adiwiyata )
3.2.3. Menjelaskan cara melakukan teknik melempar dan menangkap bola dalam permainan soft ball
3.2.4. Menerapkan teknik dasar melempar dan menangkap bola dalam permainan soft ball
4.2.1. Mencontoh gerakan teknik melempar dan menangkap bola dalam permainan soft ball
4.2.3. Melakukan gerakan melempar dan menangkap bola dalam permainan soft ball

a)       Kegiatan Pendahuluan
-       Peserta didik dibariskan, berdoa, dan menyanyikan lagi Indonesia Raya bersama kemudian melakukan pemanasan ( warning –up )
-        Peserta didik merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
-        Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dan mengkaitkan dengan materi yaitu teknik melempar dan menangkap bola
-        Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, kegiatan pembelajaran, penilaian yang akan dilaksanakan
-        Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang permasalahan yang berkaitan dengan teknik dasar melempar dan menangkap bola pada permainan softball.

b)      Kegiatan Inti
No
Sintaks/Tahapan Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
(1)
(2)
(3)
1
Memberi Stimulus
Memberikan pertanyaan kepada siswa:
1. Sebutkan macam – macam teknik dasar dalam permainan softball?
2. Bagaimana cara melakukan teknik dasar melempar dan menangkap bola dalam permainan softball?
3. Kesalahan apa saja yang sering terjadi saat melakukan teknik dasar melempar dan menangkap bola dalam permainan softball?
4. Kapan seseorang harus menggunakan teknik melempar dan menangkap bola dalam permainan softball
5. Guru  memberikan contoh gerakan melempar dan menangkap bola dalam permainan softball bawah dengan baik dan benar.
2
Mengidentifikasi Masalah
1. Peserta didik mengidentifikasi bagaimana cara melakuakan teknik dasar melempar dan menangkap bola dalam permainan softball
2. Memberi pemahaman kepada peserta didik bahwa teknik melempar dan menangkap yang benar akan menghasilkan permainan softball yang baik
3
Mengumpulkan Data
1. Peserta didik mengumpulkan data tentang cara melakukan teknik melempar dan menangkap bola dalam permainan softball
2. Melakukan praktek sikap teknik dasar melempar dan menangkap bola dalam permainan softball
4
Mengolah Data
1. Peserta didik mencoba melakukan teknik melempar dan menangkap bola baik secara individu, berpasangan, dan kelompok dengan menggunakan bola softball
2. Memperbaiki kesalahan-kesalahan gerak melempar dan menangkap bola baik secara individu maupun klasikal
5
Memferifikasi Data
1.               1. Peserta didik mempraktekkan gerak dasar melempar dan menangkap bola dengan baik dan benar dan menerapkan dalam permainan softball.

c)       Kegiatan Penutup
- Melakukan pendinginan / colling down
- Mengadakan evaluasi, diskusi dan tanya jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
- Memberikan tugas-tugas
- Memberitahukan materi pada pertemuan yang akan datang ( memukul bola pada permainan softball)

2.    Pertemuan Kedua : (2 JP)
Indikator:
3.2.4. Menjelaskan cara melakukan teknik memukul dalam permainan soft ball
3.2.6. Menerapkan teknik dasar memukul dalam permainan soft ball
4.2.2. Mencontoh gerakan memukul bola dalam permainan soft ball 
4.2.4. Melakukan gerakan memukul bola dalam permainan soft ball 

a)       Kegiatan Pendahuluan
-       Peserta didik dibariskan, berdoa, dan menyanyikan lagi Indonesia Raya bersama kemudian melakukan pemanasan ( warning –up )
-        Peserta didik merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
-        Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dan mengkaitkan dengan materi yaitu teknik memukul bola dalam peremainan softball.
-        Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, kegiatan pembelajaran, penilaian yang akan dilaksanakan
-        Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang permasalahan yang berkaitan dengan teknik dasar memukul bola pada permainan softball.

b)      Kegiatan Inti
No
Sintaks/Tahapan Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
(1)
(2)
(3)
1
Memberi Stimulus
Memberikan pertanyaan kepada siswa:
1. Bagaimana cara melakukan teknik dasar memukul bola dalam permainan softball?
2. Kesalahan apa saja yang sering terjadi saat melakukan teknik dasar memukul bola dalam permainan softball?
3. Kapan seseorang harus menggunakan teknik melempar dan menangkap bola dalam permainan softball
4. Guru  memberikan contoh gerakan memukul bola dalam permainan softball dengan baik dan benar.
2
Mengidentifikasi Masalah
1. Peserta didik mengidentifikasi bagaimana cara melakuakan teknik dasar memukul bola dalam permainan softball
2. Memberi pemahaman kepada peserta didik bahwa teknik memukul yang benar akan menghasilkan permainan softball yang baik
3
Mengumpulkan Data
1. Peserta didik mengumpulkan data tentang cara melakukan teknik memukul bola dalam permainan softball
2. Melakukan praktek sikap teknik dasar memukul bola dalam permainan softball
4
Mengolah Data
1. Peserta didik mencoba melakukan teknik memukul bola baik secara individu, berpasangan, dan kelompok dengan menggunakan bola softball
2. Memperbaiki kesalahan-kesalahan gerak memukul bola baik secara individu maupun klasikal
5
Memferifikasi Data
2.               1. Peserta didik mempraktekkan gerak dasar memukul bola dengan baik dan benar dan menerapkan dalam permainan softball.

c)       Kegiatan Penutup
- Melakukan pendinginan / colling down
- Mengadakan evaluasi, diskusi dan tanya jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
- Memberikan tugas-tugas
- Memberitahukan materi pada pertemuan yang akan datang (menerapkan teknik melempar, menangkap, dan memukul bola pada permainan softball)


3.    Pertemuan Ketiga : (2 JP)
Indikator:
3.2.7.Menganalisis teknik dasar melempar,menangkap, dan memukul bola dalam permainan soft ball
4.2.5.Melakukan gerakan koordinasi gerak dasar melempar,menangkap,dan memukul bola yang diwujudkan dalam bermain softball dengan  peraturan dan lapangan yang dimodifikasi.
a)       Kegiatan Pendahuluan
-       Peserta didik dibariskan, berdoa, dan menyanyikan lagi Indonesia Raya bersama kemudian melakukan pemanasan ( warning –up )
-        Peserta didik merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
-        Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dan mengkaitkan dengan materi yaitu teknik melempar dan menangkap bola
-        Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, kegiatan pembelajaran, penilaian yang akan dilaksanakan
-        Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang permasalahan yang berkaitan dengan teknik dasar melempar dan menangkap bola pada permainan softball.

b)      Kegiatan Inti
No
Sintaks/Tahapan Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
(1)
(2)
(3)
1
Memberi Stimulus
Menampilkan video pertandingan softball.
2
Mengidentifikasi Masalah
Menjelaskan cara melakukan latihan koordinasi teknik dasar passing bawah dan servis dalam permainan bola voli secara berkelompok
3
Mengumpulkan Data
Melakukan praktek sikap teknik dasar melempar, menangkap, dan memukul bola dengan benar dalam permainan soft ball.

4
Mengolah Data
1. Peserta didik mencoba melakukan teknik melempar, menangkap, dan melempar bola baik secara  berkelompok dalm permainan softball
2. Memperbaiki kesalahan-kesalahan gerak melempar, menangkap, dan memukul bola baik secara individu maupun berkelompok.
5
Memferifikasi Data
3.               1. Peserta didik mempraktekkan gerak dasar melempar, menangkap, dan memukul bola dengan baik dan benar dan menerapkan dalam permainan softball.

c)       Kegiatan Penutup
-          Melakukan pendinginan / colling down
-          Mengadakan evaluasi, diskusi dan tanya jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
-          Memberikan tugas-tugas
-          Memberitahukan materi pada pertemuan yang akan datang ( memukul bola pada permainan softball)


4.    Pertemuan Keempat : (2 JP)
Indikator:
4.2.6. Menampilkan gerakan melempar,menangkap,dan memukul bola pada permainan soft ball
a)       Kegiatan Pendahuluan
-   Peserta didik dibariskan, berdoa, dan menyanyikan lagi Indonesia Raya bersama kemudian melakukan pemanasan ( warning –up )
-   Peserta didik merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
-   Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dan mengkaitkan dengan uji kompetensi yang akan dilaksanakan yaitu teknik melempar, menangkap, dan memukul bola dalam permainan softball
-   Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, kegiatan pembelajaran, penilaian yang akan dilaksanakan
-   Pesrta didik diberi kesempatan untuk  bertanya tentang uji kompetensi yang akan dilakukan berkaitan dengan teknik dasar melempar, menangkap, dan memukul bola dalam permainan softball.

b)      Kegiatan Inti
No
Sintaks/Tahapan Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
(1)
(2)
(3)
1
Memberi Stimulus
Peserta didik diminta untuk mengulangi gerak dasar dasar melempar, menangkap, dan memukul bola dalam permainan softball.
2
Mengidentifikasi Masalah
1. Menjelaskan cara uji kompetensi  teknik dasar melempar, menangkap, dan memukul bola dalam permainan softball. 
 2.Melaksanakan uji kompetensi  teknik dasar dasar melempar, menangkap, dan memukul bola dalam permainan softball.
3
Mengumpulkan Data
Melakukan praktek uji kompetensi teknik dasar melempar, menangkap, dan memukul bola dalam permainan softball.
4
Mengolah Data
    Peserta didik mencoba melakukan teknik dasar melempar, menangkap, dan memukul bola dalam permainan softball
5
Memferifikasi Data
4.                   Peserta didik menampilkan gerak dasar melempar, menangkap, dan memukul bola dalam permainan softball dengan baik dan benar.

c)       Kegiatan Penutup
- Melakukan pendinginan / colling down
- Mengadakan evaluasi, diskusi dan tanya jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
- Memberikan tugas-tugas
- Memberitahukan materi pada pertemuan yang akan datang

H. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.       Media                : Video pembelajaran teknik dasar permainan softball.
2.       Alat/Bahan        : Bola softball, Pemukul, Lapangan softball, Cone, Peluit, Stopwatch
3.       Sumber Belajar  : Buku Paket Karangan :
Kemendikbud, 2014, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk kelas X, Jakarta: Kemendikbud.
 I. Sumber Belajar
1.     Buku Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga Kelas X
2.     Internet

J. Teknik penilaian
1.Penilaian sikap dengan observasi dan jurnal
2.Penilaian pengetahuan dengan tes tulis, bentuk uraian
3.Penilaian keterampilan dengan tes praktik (uji kompetensi gerak dasar melempar, menangkap, dan memukul bola dalam permainan softball )

Tabel Penilaian teknik dasar Melempar, Menangkap, dan Memukul bola
No
Nama Siswa
Melempar
Menangkap
Memukul
Nilai Akhir
1





2





3





4






1.Siswa melakukan teknik dasar melempar, menangkap boladengan sasaran dinding yang sudah ditandai selama 30 detik
2. Siswa memukul bola dengan umpan dari pitcher sebanyak 10 kali, bola yang dihitung adalah bola yang dinyatakan hidup






Pedoman penskoran teknik dasar melempar dan menangkap bola
Perolehan Nilai
Kriteria Penskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
… > 40 kali
… > 35 kali
100
Sangat Baik
35 – 39 kali
30 – 34 kali
90
Baik
30 – 34 kali
25 - 29 kali
80
Cukup
25 – 29 kali
20 – 24 kali
70
Kurang
… < 25 kali
… < 20 kali
60
Kurang Sekali

2.Siswa melakukan teknik memukul bola sebanyak 10 kali pukulan ( skor maksimal 10 x 5 = 50 )
Pedoman Penskoran Servis atas
Perolehan Nilai
Kriteria Penskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
… > 40 angka
… > 30 angka
100
Sangat Baik
30 – 39 angka
20 – 9 angka
90
Baik
20 – 29 angka
10 – 19 angka
80
Cukup
10 – 19 angka
… < 10 angka
70
Kurang
… < 10 angka
0

60
Kurang Sekali


G.Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
4.       Media                : Video pembelajaran teknik dasar permainan softball.
5.       Alat/Bahan        : Bola softball, Pemukul, Lapangan softball, Cone, Peluit, Stopwatch
6.       Sumber Belajar  : Buku Paket Karangan :
Kemendikbud, 2014, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk kelas X, Jakarta: Kemendikbud.


Mengetahui
Kepala Sekolah






Yogyakarta, 17 Juli 2017
Guru Mata Pelajaran





No comments:

Post a Comment

Featured post

Lembar PAS Penjas kelas 6 Semester 2 (Raport PJOK)

Untuk Guru Penjas tentu saat akhir semsester mengumpulkan nilai kepada Wali kelas namun formulir yang dikumpulkan kepada wali kelas ...