RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : S M P N 1 Ngaglik
Kelas/Semester : VII / 1 (satu )
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Alokasi Waktu : 1 Pertemuan ( 3 JP )
A. Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar :
1.1
Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan
aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a. Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
b. Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir.
c.
Membiasakan berperilaku baik dalam berolahraga dan latihan.
2.1
Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana
pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar.
3.1 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental
permainan bola besar.
4.1 Mempraktikan teknik dasar permainan bola besar
dengan menekankan gerakan dasar fundamental
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
KD 1 :
1.1.1. Melakukan doa sebelum memulai pembelajaran .
1.1.2. Menunjukan sikap berusaha semaksimal mungkin dalam
melakukan pembelajaran.
KD 2 :
2.2.1. Saat bermain menunjukan sikap sportif (jujur,
saling menghargai, sungguh-sungguh, bertanggung jawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan kerja sama)
2.2.2. Merapikan kembali alat yang sudah digunakan
KD 3 :
3.1.1 Menyebutkan bagaimana cara
melakukan passing menggunkan kaki bagian dalam
3.1.2 Menyebutkan bagaimana cara
mengontrol atau menghentikan bola dengan kaki bagian dalam
KD
4 :
4.1.1 Melakukan passing menggunakan kaki bagian dalam
4.1.2 Melakukan kontrol dengan kaki bagian dalam
D. Materi Pembelajaran :
Berikut ini cara passing menggunakan kaki bagian dalam dengan baik dan
benar:
1. Pada saat akan memasing posisikan kaki sejajar dengan bola, salah satu
kaki tumpu sejajar dengan bola dan kaki yang untuk menendang berada di belakang
bola.
2. Ayunkan kaki yang akan menendang kebelakang kemudian kenakan kaki mengginakan bagian
dalam pada saat perkenaan dengan bola.
![]() |
3. Pada saat perkenaan dengan bola kaki diberi tekanan agar bola itu dapat meluncur dengan keras dan terarah.
Mengontrol Bola Dengan Kaki Bagian Dalam:
1. langkah sikap tubuh menghadap ke arah datangnya bola.
2. Selanjutnya pergelangan kaki yang digunakan untuk mengontrol diputar ke
arah luar.
3. Kaki tumpu lututnya sedikitnya ditekuk dan kedua tangan bergerak secara
rileks untuk keseimbangan.
4. Kaki yang digunakan untuk mengontrol bola diangkat diarahkan ke
datangnya bola.
5. Bola disentuhkan pada kaki bagian dalam, kemudian kaki ditarik ke
belakang, selanjutnya bola dikuasai.
E. Kegiatan
Pembelajaran
a. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
1) Siswa
disiapkan, bebaris, berhitumg dan dilanjutkan
berd’oa, presensi, apersepsi, diberiakan pengarahan serta tujuan pembelajaran.
2) Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya, yaitu dengan
cara memberi beberapa pertanyaan mengenai materi yang
telah dipelajari sebelumnya.
3) Guru
menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu teknik dasr serpak bola
4) Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu
teknik dasar sepak bola
5) Melakukan pemanasan dengan permainan :
kucing-kuncingan ganda

Keterangan :


: Kucing

Peraturan :
1.
Semua saling
berpasangan bepegangan tangan
2.
Pengumpan saling berkerja sama jika yang satunya mengontrol
bola maka satunya mempassing bola, tidak boleh satu orang yang control dan
passing,setelah melakukan passing harus berpindah tempat sehingga seluruhnya
begerak
3.
Jika bola menyentuh atau
direbut kucing, maka pengumpan yang gagal mengumpan bergantian menjadi kucing.
4.
Posisi pengumpan boleh
berpindah pindah.
b. Kegiatan
Inti (80 menit)
1) Mengamati
·
Mengamati
peragaan guru guru/teman, pertandingan sepak bola secara langsung dan atau di
TV/Video dan membuat catatan tentang gerak dasar fundamental permainan sepakbola (mengumpan,
menghentikan, dan menggiring) berdasarkan hasil pengamatan. Guru mempraktikan cara passing
dan control.
2) Menanya
·
Mempertanyakan
tentang gerak dasar fundamental sepakbola, misalnya : bagaimana jalannya bola jika titik
perkenaan bola dengan kaki dirobah saat menendang (bawah, tengah dan atas
bola)?”, apakah jarak kaki tumpu berpengaruh terhadap kekuatan menendang bola?,
berpakah kekuatan di tranfer ke bola sehingga bola sampai pada jarak yang
diinginkan?, apakah sikap kerjasama mempengaruhi permainan sepakbola?, dan pertanyaan lainnya.
·
Mempertanyakan
tentang manfaat permainan sepakbola terhadap kesehatan tubuh dan otot-otot yang
dominan yang dipergunakan dalam permainan sepak bola.
3) Mengumpulkan
informasi/data/ mencoba
Menemukan jawaban atas pertanyaan sebelumnya
melakui kegiatan:
·
Mengumpan
bola dengan berbagai bagian kaki secara individual, berpasangan atau berkelompok dalam posisi di tempat dan
sambil bergerak dengan memenunjukkan nilai disiplin, menghargai perbedaan, dan
kerjasama.
·
Menghentikan
bola menggunakan berbagai bagian kaki secara individual dengan menunjukkan
nilai disiplin.
·
Mengumpan dan meberhentikan bola menggunakan berbagai
bagian kaki secara berpasangan atau berkelompok dengan memenunjukkan nilai
disiplin, menghargai perbedaan, dan kerjasama.

·
Mempraktikan passing
dan control dengan berhdapan
Keterangan
:


4) Menalar/mengasosiasi
·
Menemukan
gerak dasar fundamental permainan sepakbola (mengumpan, menghentikan, dan
menggiring) yang paling sesuai untuk
kebutuhan sendiri
·
Menemukan
hubungan antara titik perkenaan bola dan kaki dengan jalannya bola.
·
Menemukan
hubungan antara jenis tendangan dengan sasaran yang hendak dicapai.
·
Menemukan
hubungan antara kekuatan tendangan dengan jarak tempuh bola.
·
Menemukan
hubungan antara permainan sepak bola dengan kesehatan dan kebugaran tubuh
·
Mendiskusikan
setiap gerak dasar fundamental permainan sepak bola (mengumpandan menahan bola)
dan membuat kesimpulannya dengan menunjukkan kerjasama.
·
Mendiskusikan
kekuatan dan kelemahan yang sering
dilakukan saat melakukan gerak dasar fundamental permainan sepak bola
(megumpan, menghentikan, dan menggiring)
dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·
Mendiskusikan
bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat
melakukan gerak dasar fundamental permainan sepak bola (mengumpan,
menghentikan, dan menggiring) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·
Mendiskusikan
dan membuat kesimpulan tentang keterampilan gerak dasar fundamental permainan
sepak bola secara sederhana berkelompok dengan menunjukkan kerjasama.
·
Memberikan
dan menerima saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan
perminan.
5) Mengomunikasikan
·
Menerapkan
gerak dasar fundamental sepakbola (mengumpan, menggiring, dan menahan bola)
dalam permainan sepak bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta
menunjukkan sportif, kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Menunjukkan
perilaku bertanggung jawab dalam menggunakan dan merawat peralatan permainan
sepakbola.
·
Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan
tidak berlebih
c.
Kegiatan Penutup (25
menit)
1) Guru
bersama-sama peserta didik melakukan pendinginan kemudian evaluasi
identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran
2)
Memberikan
umpan balik dan penugasan pada peserta didik
3) Berbaris, berhitung berdoa,
lalu dibubarkan
F. Penilaian
a. Teknik dan Bentuk
Penilaian
1)
Penilaian
Pengetahuan
a)
Petunjuk Penilaian
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat!
b)
Butir Soal Pengetahuan
No.
|
Butir Pertanyaan
|
Kriteria
Pensekoran
|
Nilai Akhir
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
Σ
|
|||
1.
|
Jelaskan
cara melakukan teknik dasar passing permainan
sepakbola dengan benar.
|
||||||
2.
|
Jelaskan
cara melakukan teknik passing sepakbola dengan
benar.
|
c)
Kriteria Penilaian
(Pengetahuan/Pemahaman)
· Skor
3 : jika peserta didik mampu menjelaskan tentang gerak dasar
fundamental teknik dasar passing sepakbola.
· Skor
2 : jika peserta didik mampu menyebutkan dua pertanyaan di atas.
· Skor
1 : jika peserta didik mampu menyebutkan salah satu pertanyaan di atas.
· Skor
0 : jika tidak satupun pertanyaan di atas mampu disebutkan.
2)
Penilaian
Keterampilan
a)
Petunjuk
Penilaian
Penilaian
aspek keterampilan diperoleh melalui penilaian
proses, yaitu: sikap awal, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir melakukan
suatu proses gerak dasar permainan bola besar.
b)
Butir
Soal Keterampilan (Unjuk Kerja)
(1) Lakukan
gerak dasar passing permainan sepakbola !
No
|
Nama
Siswa
|
Penilaian
Keterampilan Gerak
|
Skor
Akhir
|
Ket
|
|||
Penilaian
Proses
|
Jumlah Skor Maksimal
|
||||||
Sikap awal tubuh saat passing
(Skor 3)
|
Teknik dasar permainan sepakbola (Skor 3)
|
Gerakan koordinasi antara tangan, kaki, dan
pandangan mata (Skor 3)
|
|||||
c)
Kriteria
Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja)
Kriteria skor :
Pelaksanaan passing dan shooting sepakbola (Proses)
· Sikap
awal
Nilai
3 jika :
(1) Posisi
menghadap teman yang akan dipasing
(2) Bola
di dalam jangkauan
(3) Bola
tepat sasaran
Nilai
2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai
1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai
0: jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
· Pelaksanaan
gerak
Nilai
3 jika :
(1) bola
tepat sasaran
(2) badan
dicondongkan ke depan sedikit
(3) pandangan
mata tertuju pada lepasnya bola
Nilai
2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai
1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai
0: jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
· Pelaksanaan
akhir (kembali ke sikap semula)
Nilai
3 jika :
(1) badan
tetap condong ke depan
(2) pandangan
mata tertuju pada lepasnya bola
(3) ada
gerakan lanjutan
Nilai
2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai
1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai
0: jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
3)
Penilaian
Sikap
a) Petunjuk
Penilaian
Penilaian
aspek perilaku (sikap) dilakukan dengan pengamatan selama mengikuti kegiatan
belajar mengajar. Pengamatan dalam proses penilaian dilakukan saat peserta
didik melakukan permainan sepakbola. Aspek-aspek yang dinilai meliputi: kerja
sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi.
Berikan
tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta peserta didik
menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di
cek (√) dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3 . (Baik=3, Sedang = 2,
dan Kurang = 1).
b)
Rubrik
Penilaian Perilaku
Perilaku Yang Dinilai
|
CEK (√ )
|
||
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
|
1.
Kerja
sama
|
|||
2.
Tanggung
jawab
|
|||
3.
Menghargai
teman
|
|||
4.
Disiplin
|
|||
5.
Toleransi
|
|||
Jumlah skor maksimal = 15
|
G.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/alat
a. Gambar
cara passing dan control
b. Cone,peluit,stopwatch
2.
Sumber
Belajar
a. Buku
guru, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Jakarta : Puskurbuk Kemdikbud
RI
MENGETAHUI, GURU
MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH
............................................ ERLAN DWI RUSIANTO
NIM.
13601241086
No comments:
Post a Comment