Labels

RPP sepak bola penjas SMP kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

   Sekolah                           :  S M P N 1 Ngaglik
Kelas/Semester               :  VII / 1 (satu )
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan        
Alokasi Waktu               : 1 Pertemuan ( 3 JP )

A. Kompetensi Inti :           
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar :               
1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a. Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
b. Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir.
c. Membiasakan berperilaku baik dalam berolahraga dan latihan.
2.1     Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2     Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.
3.1 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental permainan bola besar.
4.1 Mempraktikan teknik dasar permainan bola besar dengan menekankan gerakan dasar fundamental
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
KD 1 :
1.1.1. Melakukan doa sebelum memulai pembelajaran .
1.1.2. Menunjukan sikap berusaha semaksimal mungkin dalam melakukan pembelajaran.
KD 2 :
2.2.1. Saat bermain menunjukan sikap sportif (jujur, saling menghargai, sungguh-sungguh, bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan kerja sama)
2.2.2. Merapikan kembali alat yang sudah digunakan
KD 3 :
3.1.1 Menyebutkan bagaimana cara melakukan passing menggunkan kaki bagian dalam
3.1.2 Menyebutkan bagaimana cara mengontrol atau menghentikan bola dengan kaki bagian dalam
KD 4 :
4.1.1 Melakukan passing menggunakan kaki bagian dalam
4.1.2 Melakukan kontrol dengan kaki bagian dalam

D.  Materi Pembelajaran :
Berikut ini cara passing menggunakan kaki bagian dalam dengan baik dan benar:
1. Pada saat akan memasing posisikan kaki sejajar dengan bola, salah satu kaki tumpu sejajar dengan bola dan kaki yang untuk menendang berada di belakang bola.
2. Ayunkan kaki yang akan menendang kebelakang  kemudian kenakan kaki mengginakan bagian dalam pada saat perkenaan dengan bola.
http://assets.kompasiana.com/items/album/2015/06/14/143429412610745747422.jpg?v=600&t=o

3. Pada saat perkenaan dengan bola kaki diberi tekanan agar bola itu dapat meluncur dengan keras dan terarah.
Mengontrol Bola Dengan Kaki Bagian Dalam:
1. langkah sikap tubuh menghadap ke arah datangnya bola.
2. Selanjutnya pergelangan kaki yang digunakan untuk mengontrol diputar ke arah luar.
3. Kaki tumpu lututnya sedikitnya ditekuk dan kedua tangan bergerak secara rileks untuk keseimbangan.
4. Kaki yang digunakan untuk mengontrol bola diangkat diarahkan ke datangnya bola.
5. Bola disentuhkan pada kaki bagian dalam, kemudian kaki ditarik ke belakang, selanjutnya bola dikuasai.

E. Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1)      Siswa disiapkan, bebaris, berhitumg dan dilanjutkan berd’oa, presensi, apersepsi, diberiakan pengarahan serta tujuan pembelajaran.
2)      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu dengan cara memberi beberapa pertanyaan mengenai materi yang telah dipelajari sebelumnya.
3)      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu teknik dasr serpak bola
4)      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu teknik dasar sepak bola
5)      Melakukan pemanasan dengan permainan : kucing-kuncingan ganda



 







Keterangan :
   : Pengumpan (yg tidak menjadi kucing)
    : Kucing
    : Bola
Peraturan :
1.  Semua saling berpasangan bepegangan tangan
2.  Pengumpan saling berkerja sama jika yang satunya mengontrol bola maka satunya mempassing bola, tidak boleh satu orang yang control dan passing,setelah melakukan passing harus berpindah tempat sehingga seluruhnya begerak
3.  Jika bola menyentuh atau direbut kucing, maka pengumpan yang gagal mengumpan bergantian menjadi kucing.
4.      Posisi pengumpan boleh berpindah pindah.

b.      Kegiatan Inti (80 menit)
1)      Mengamati
·         Mengamati peragaan guru guru/teman, pertandingan sepak bola secara langsung dan atau di TV/Video dan membuat catatan tentang gerak dasar  fundamental permainan sepakbola (mengumpan, menghentikan, dan menggiring) berdasarkan hasil pengamatan. Guru mempraktikan cara passing dan control.
2)      Menanya
·       Mempertanyakan tentang gerak dasar fundamental sepakbola, misalnya  : bagaimana jalannya bola jika titik perkenaan bola dengan kaki dirobah saat menendang (bawah, tengah dan atas bola)?”, apakah jarak kaki tumpu berpengaruh terhadap kekuatan menendang bola?, berpakah kekuatan di tranfer ke bola sehingga bola sampai pada jarak yang diinginkan?, apakah sikap kerjasama mempengaruhi permainan sepakbola?,  dan pertanyaan lainnya.
·       Mempertanyakan tentang manfaat permainan sepakbola terhadap kesehatan tubuh dan otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan sepak bola.
3)      Mengumpulkan informasi/data/ mencoba
Menemukan jawaban atas pertanyaan sebelumnya melakui kegiatan:
·       Mengumpan bola dengan berbagai bagian kaki secara individual, berpasangan  atau berkelompok dalam posisi di tempat dan sambil bergerak dengan memenunjukkan nilai disiplin, menghargai perbedaan, dan kerjasama.
·       Menghentikan bola menggunakan berbagai bagian kaki secara individual dengan menunjukkan nilai disiplin.
·       Mengumpan dan meberhentikan bola menggunakan berbagai bagian kaki secara berpasangan atau berkelompok dengan memenunjukkan nilai disiplin, menghargai perbedaan, dan kerjasama.
·       Mempraktikan passing dan control dengan berhdapan




Keterangan :
                                    : siswa             : bola
4)      Menalar/mengasosiasi
·         Menemukan gerak dasar fundamental permainan sepakbola (mengumpan, menghentikan, dan menggiring)  yang paling sesuai untuk kebutuhan sendiri
·         Menemukan hubungan antara titik perkenaan bola dan kaki dengan  jalannya bola.
·         Menemukan hubungan antara jenis tendangan dengan sasaran yang hendak dicapai.
·         Menemukan hubungan antara kekuatan tendangan dengan jarak tempuh bola.
·         Menemukan hubungan antara permainan sepak bola dengan kesehatan dan kebugaran tubuh
·         Mendiskusikan setiap gerak dasar fundamental permainan sepak bola (mengumpandan menahan bola) dan membuat kesimpulannya dengan menunjukkan kerjasama.
·         Mendiskusikan kekuatan dan kelemahan  yang sering dilakukan saat melakukan gerak dasar fundamental permainan sepak bola (megumpan, menghentikan, dan menggiring)  dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·         Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerak dasar fundamental permainan sepak bola (mengumpan, menghentikan, dan menggiring) dengan benar dan membuat  kesimpulannya.
·         Mendiskusikan dan membuat kesimpulan tentang keterampilan gerak dasar fundamental permainan sepak bola secara sederhana berkelompok dengan menunjukkan kerjasama.
·         Memberikan dan menerima saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan perminan.

5)      Mengomunikasikan
·         Menerapkan gerak dasar fundamental sepakbola (mengumpan, menggiring, dan menahan bola) dalam permainan sepak bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta menunjukkan sportif,  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·         Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam menggunakan dan merawat peralatan permainan sepakbola.
·         Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih

c.       Kegiatan Penutup (25 menit)
1)      Guru bersama-sama peserta didik melakukan pendinginan kemudian evaluasi identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran
2)      Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
3)      Berbaris, berhitung berdoa, lalu dibubarkan


F.  Penilaian
a.      Teknik dan Bentuk Penilaian
1)      Penilaian Pengetahuan
a)      Petunjuk Penilaian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat!
b)      Butir Soal Pengetahuan

No.
Butir Pertanyaan
Kriteria Pensekoran
Nilai Akhir
0
1
2
3
Σ
1.
Jelaskan cara melakukan teknik dasar passing permainan sepakbola dengan benar.






2.
Jelaskan cara melakukan teknik passing sepakbola dengan benar.







c)      Kriteria Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
·   Skor 3 : jika peserta didik mampu menjelaskan tentang gerak dasar
fundamental teknik dasar passing sepakbola.
·   Skor 2 : jika peserta didik mampu menyebutkan dua pertanyaan di atas.
·   Skor 1 : jika peserta didik mampu menyebutkan salah satu pertanyaan di atas.
·   Skor 0 : jika tidak satupun pertanyaan di atas mampu disebutkan.

2)      Penilaian Keterampilan
a)      Petunjuk Penilaian
Penilaian aspek keterampilan diperoleh melalui penilaian  proses, yaitu: sikap awal, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir melakukan suatu proses gerak dasar permainan bola besar.
b)     Butir Soal Keterampilan (Unjuk Kerja)
(1)   Lakukan gerak dasar passing permainan sepakbola !




No
Nama Siswa
Penilaian Keterampilan Gerak
Skor Akhir
Ket
Penilaian Proses
Jumlah Skor Maksimal
Sikap awal tubuh saat passing
 (Skor 3)
Teknik dasar permainan sepakbola (Skor 3)
Gerakan koordinasi antara tangan, kaki, dan pandangan mata (Skor 3)









































c)      Kriteria Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja)
Kriteria skor : Pelaksanaan passing dan shooting sepakbola (Proses)
·   Sikap awal
Nilai 3 jika :
(1)    Posisi menghadap teman yang akan dipasing
(2)    Bola di dalam jangkauan
(3)    Bola tepat sasaran
Nilai 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 0: jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar 
·   Pelaksanaan gerak
Nilai 3 jika :
(1)    bola tepat sasaran
(2)    badan dicondongkan ke depan sedikit
(3)    pandangan mata tertuju pada lepasnya bola
Nilai 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 0: jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
·   Pelaksanaan akhir (kembali ke sikap semula)
Nilai 3 jika :
(1)   badan tetap condong ke depan
(2)   pandangan mata tertuju pada lepasnya bola
(3)   ada gerakan lanjutan
Nilai 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 0: jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
3)      Penilaian Sikap
a)      Petunjuk Penilaian

Penilaian aspek perilaku (sikap) dilakukan dengan pengamatan selama mengikuti kegiatan belajar mengajar. Pengamatan dalam proses penilaian dilakukan saat peserta didik melakukan permainan sepakbola. Aspek-aspek yang dinilai meliputi: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi.

Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek (√) dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3 . (Baik=3, Sedang = 2, dan Kurang = 1).

b)      Rubrik Penilaian Perilaku

Perilaku Yang  Dinilai
CEK (√ )
Baik
Sedang
Kurang
1.      Kerja sama



2.      Tanggung jawab



3.      Menghargai teman



4.      Disiplin



5.      Toleransi



Jumlah skor maksimal = 15





G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar

1.      Media/alat
a.       Gambar cara passing dan control
b.      Cone,peluit,stopwatch
2.      Sumber Belajar
a.       Buku guru, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Jakarta : Puskurbuk Kemdikbud RI




       MENGETAHUI,                                                 GURU MATA PELAJARAN
    KEPALA SEKOLAH                                                                                                               



............................................                                        ERLAN DWI RUSIANTO
                                                                                    NIM. 13601241086

No comments:

Post a Comment

Featured post

Lembar PAS Penjas kelas 6 Semester 2 (Raport PJOK)

Untuk Guru Penjas tentu saat akhir semsester mengumpulkan nilai kepada Wali kelas namun formulir yang dikumpulkan kepada wali kelas ...