RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
OLAHRAGA KASTI
Satuan Pendidikan : SMP NEGERI 1 WONOSOBO
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit
(1
pertemuan x 3 jam pelajaran)
KOMPETENSI INTI:
KI
-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2
: Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI-3
: Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
KI-4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI
DASAR:
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Permainan bola kecil menggunakan permainan kasti
|
1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama
yang dianut dalam melakukan aktifitas jasmani, permainan dan olahraga.
|
1. Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah
pelajaran.
2. Selalu
berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir.
|
2.2 Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan
prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain,
dan lingkungan sekitar.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam berbagai
aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
|
1.
Menunjukkan perilaku sportivitas, kerja sama, bertanggung jawab, menghargai
perbedaan, disiplin, dan toleransi selama berlomba
|
|
3.2 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental
permainan bola kecil.
|
1. Mengidentifikasikan berbagai keterampilan gerak
melempar, menangkap, dan memukul bola permainan kasti.
2. Menjelaskan berbagai keterampilan gerak melempar,
menangkap, dan memukul bola permainan kasti.
3. Menjelaskan cara melakukan berbagai keterampilan
gerak melempar, menangkap, memukul bola permainan
kasti.
|
|
4.2. Mempraktikkan
teknik dasar per-mainan bola kecil dengan menekankan gerakdasar fundamental.
|
1. Melakukan berbagai keterampilan gerak melempar,
menangkap, dan memukul bola permainan kasti.
2. Menggunakan berbagai keterampilan gerak melempar,
menangkap, dan memukul bola dalam bentuk permainan kasti yang dimodifikasi.
|
PERTEMUAN
I
A. Tujuan
Pembelajaran
Aspek
Kognitif
Melalui proses mencari
informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
1.
Menyebutkan teknik dasar
permainan kasti.
2.
Memahami teknik melempar
bola dalam permainan kasti.
3.
Memahami teknik menangkap
bola dalam permainan kasti.
4.
Memahami tahapan melempar
bola dalam permainan kasti.
5.
Memahami strategi
dan taktik mencetak poin dalam modifikasi permainan kasti.
Aspek Psikomotorik
Melalui proses mencoba,
mengasosiasi, dan mengomunikasikan siswa
dapat:
·
Melakukan teknik
melemparan bola dengan benar dalam
permainan kasti
·
Melakukan teknik
menangkap bola dengan benar dalam permainan kasti
·
Melakukan teknik memukul bola dengan benar dalam
permainan kasti
·
Memainkan permainan kasti
sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi serta menjunjung nilai tanggung
jawab, kedisiplinan, dan kerja sama
Aspek Afektif
Setelah mengikuti
pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
·
Melakukan doa
sesuai agama masing-masing siswa sebelum pelajaran penjasorkes dimulai.
·
Melakukan
pemanasan dengan serius dan terstruktur sebelum kegiatan inti dimulai.
·
Melakukan atau
muncul sikap-sikap sportif dalam aktivitas kebugaran jasmani.
·
Melakukan/timbul
sikap tanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri dan orang
lain, lingkungan sekitar.
·
Timbul sikap
menghargai perbedaan karakteristik individual dalam aktivitas kebugaran jasmani.
·
Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas kebugaran jasmani.
·
Menunjukkan sikap
toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan
kesempatan.
·
Menunjukkan sikap
disiplin/ mematuhi segala aturan atau aktivitas kebugaran jasmani yang diberikan.
B. Materi
Pembelajaran
1. Sejarah kasti.
2. Sarana dan prasarana yang diperlukan dalam modifikasi
permainan kasti.
3. Peraturan modifikasi permainan kasti.
4. Keterampilan dasar gerak dalam permainan kasti
(melempar, menangkap, memukul, dan berlari).
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : taktik
dan scientific
Metode : diskusi dan demonstrasi, permainan (game),
dan komando.
D.
Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
1. Media Pembelajaran :
a. Gambar modifikasi skema dan pola permainan kasti.
b. Model guru yang
memperagakan cara bermain modifikasi permainan kasti.
2.
Alat
Pembelajaran :
a.
Bola kasti.
b.
Pemukul.
c.
Marker.
d.
Lapangan
permainan kasti yang dimodifikasi.
e.
Peluit
dan Stopwatch.
E.
Sumber Belajar :
-
Sumber : Literatur ilmiah (buku atau jurnal), dan
internet.
F.
Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
a.
Berbaris,
memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik, dan absensi.
b.
Guru
mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan peserta didik, jika ada yang sakit
peserta didik bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus
tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
c.
Guru menyampaikan apersepsi sebelum kegiatan inti dimulai.
d.
Guru
mempertanyakan “Siapa yang pernah
melakukan permainan kasti atau minimal pernah melihat video permainan kasti?”,
“Apa saja keterampilan dasar dalam permainan kasti?”, dan pertanyaan lainnya
yang relevan.
e.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran, yaitu : keterampilan gerak melempar dan
menangkap permainan kasti.
f.
Guru
menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan.
g.
Guru memimpin siswa untuk melakukan pemanasan dengan bentuk permainan (bintang
beralih) sebelum ke materi inti pembelajaran.
2. Inti
a. Membimbing
dan memfasilitasi siswa secara berkelompok untuk :
Mengamati
1)
Mengamati
penjelasan guru tentang sejarah permainan kasti di Indonesia.
2)
Mengamati
penjelasan tentang sarana dan prasarana yang digunakan dalam permainan kasti.
3)
Memerhatikan
demonstrasi peserta didik yang dianggap mampu atau contoh dari guru mengenai
cara bermain, teknik-teknik, peraturan dan cara pemberian angka dalam permainan
kasti.
Menanya
1) Peserta didik saling mempertanyakan “apa yang anda
lakukan sebelum memukul bola?”
2) Peserta didik saling mempertanyakan “Bagaimana cara
anda agar bola tepat?”
3) Peserta didik saling mempertanyakan “Bagaimana cara
anda agar pukulan anda sulit untuk ditangkap oleh pemain defens?”
4) Peserta didik saling mempertanyakan “Apa yang anda
lakukan setelah memukul bola?”
Mengumpulkan
Informasi/Mencoba
1)
Mengumpulkan
informasi mengenai sejarah, cara bermain, teknik-teknik, peraturan, penilaian
skor, sarana dan prasarana yang digunakan dalam permainan kasti.
2)
Peserta didik
mempraktikkan permainan kasti yang sudah dimodifikasi yang diterapkan dalam
game 1, praktice dan game 2.
3)
Peserta
didik mempraktikkan keterampilan gerak melempar, menangkap
dan memukul bola secara
bergantian dalam kelompok-kelompok kecil. Selama praktik tugas peserta didik
untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
Menalar/Mengasosiasi
1)
Peserta didik
mempraktikkan secara berpasangan atau berkelompok dan menemukan hubungan
melempar, menangkap dan memukul dengan berbagai macam jarak sasaran lemparan.
Mengkomunikasikan
1)
Menguraikan
hasil pengumpulan informasi mengenai sejarah, cara bermain,
peraturan-peraturan, pemberian skor, sarana dan prasarana dalam permainan kasti.
2)
Peserta didik
menerapkan
keterampilan gerakan melempar, memukul, dan
menangkap dalam permainan kasti serta mampu menerapkan permainan kasti yang
sudah dimodifikasi.
3)
Hal-hal yang
belum dikuasai dengan benar dapat ditanyakan kepada guru.
b. Secara kontinu melakukan pengamatan terhadap latihan teknik
melempar, menangkap dan memukul yang dilaksanakan siswa.
3. Penutup
a)
Siswa melakukan pendinginan (cooling down).
b) Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
c) Guru memberikan evaluasi belajar dan menyampaikan
kemajuan yang diperoleh peserta didik setelah melakukan practice/latihan serta
menyampaikan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat melakukan
praktik.
d) Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan) kepada
kelompok atau individu berkinerja baik.
e) Berdoa
dipimpin oleh salah satu peserta didik dan menyampaikan salam.
G.
Penilaian Pembelajaran
1.
Penilaian
Sikap Spritual
a.
Jenis/teknik penilaian
Pengamatan oleh teman
sejawat
b.
Bentuk Instrumen dan
instrumen
Lembar pengamatan sikap spritual
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
Petugas Pengamatan :
...........................................................
1)
Petunjuk Penilaian
Berikan tanda cek (√) pada kolom yang
sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku
yang diharapkan.
2)
Rubrik
Penilaian Sikap Spritual
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Berdoa sebelum
dan sesudah melakukan sesuatu.
|
||||
2.
|
Mengucapkan rasa
syukur atas karunia Tuhan.
|
||||
3.
|
Memberi salam sebelum dan sesudah
menyampaikan pendapat/presentasi.
|
||||
4.
|
Mengungkapkan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan.
|
||||
5.
|
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan.
|
||||
Jumlah skor maksimal =
20
|
c.
Pedoman penskoran
1)
Penskoran
Skor 4 = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan.
Skor 3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
Skor 2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan.
2)
Pengolahan skor
Skor maksimum: 20
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/20 X 4
Rentang nilai sikap spritual:
Nilai
|
Predikat
|
Nilai Sikap
|
0,00 ˂
Nilai ≤ 1,00
|
D
|
KURANG
|
1,00 ˂
Nilai ≤ 1,33
|
D+
|
|
1,33 ˂
Nilai ≤ 1,66
|
C-
|
CUKUP
|
1,66 ˂
Nilai ≤ 2,00
|
C
|
|
2,00 ˂
Nilai ≤ 2,33
|
C+
|
|
2,33 ˂
Nilai ≤ 2,66
|
B-
|
BAIK
|
2,66 ˂
Nilai ≤ 3,00
|
B
|
|
3,00 ˂
Nilai ≤ 3,33
|
B+
|
|
3,33 ˂
Nilai ≤ 3,66
|
A-
|
SANGAT BAIK
|
3,66 ˂
Nilai ≤ 4,00
|
A
|
2.
Penilaian
Sikap Sosial
a.
Jenis/teknik penilaian
Pengamatan oleh teman
sejawat
b.
Bentuk Instrumen dan
instrumen
Lembar pengamatan sikap
sosial
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
Petugas Pengamatan :
...........................................................
1)
Petunjuk Penilaian
Berikan tanda cek (√) pada kolom yang
sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku
yang diharapkan.
2)
Rubrik
Penilaian Sikap Sosial
No.
|
ASPEK
|
SKOR (1 - 4)
|
1.
|
Kerja sama
a. Sebagai anggota melibatkan diri dan mengambil peran
secara aktif dalam kelompok.
b.
Sebagai
anggota kelompok berbagi tugas dengan anggota lain (tidak mendominasi).
c.
Tidak
mengganggu peserta didik yang lain.
d.
Membantu
mempersiapkan dan merapikan peralatan pembelajaran.
|
|
2.
|
Sportifitas
a.
Mengikuti aktivitas
dengan taat pada peraturan yang berlaku.
b.
Menghormati sesama
teman dalam melakukan aktivitas.
c.
Tidak menyalahkan teman
yang lain apabila terjadi kesalahan dalam melakukan sesuatu.
d.
Menerima kemenangan dan
kekalahan dengan lapang dada dalam melakukan aktivitas jasmani.
|
|
3.
|
Tanggung
Jawab
a. Sebagai peserta didik mengerjakan
tugas-tugas dengan baik.
b. Berani menerima resiko atas tindakan
yang dilakukan.
c. Mengembalikan barang yang dipinjamkan
dari orang lain.
d. Berani meminta maaf jika melakukan
kesalahan yang merugikan orang lain.
|
|
4.
|
Disiplin
a. Hadir
tepat waktu.
b. Menggunakan
pakaian olahraga yang telah ditetapkan oleh sekolah.
c. Mengikuti
seluruh proses pembelajaran sesuai dengan prosedur kerja.
d. Mengerjakan
tugas yang diberikan tepat waktu.
|
|
TOTAL SKOR = 16
|
c.
Pedoman Penskoran
1)
Penskoran
Skor 4, jika seluruh indikator ditunjukkan oleh teman
yang diamati.
Skor 3, jika tiga indikator ditunjukkan oleh teman
yang diamati.
Skor 2, jika dua indikator ditunjukkan oleh teman yang
diamati.
Skor 1, jika hanya satu indikator ditunjukkan oleh
teman yang diamati.
2)
Pengolahan skor
Skor maksimum: 16
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/16 X 4
Rentang nilai sikap:
Nilai
|
Predikat
|
Nilai Sikap
|
0,00 ˂
Nilai ≤ 1,00
|
D
|
KURANG
|
1,00 ˂
Nilai ≤ 1,33
|
D+
|
|
1,33 ˂
Nilai ≤ 1,66
|
C-
|
CUKUP
|
1,66 ˂
Nilai ≤ 2,00
|
C
|
|
2,00 ˂
Nilai ≤ 2,33
|
C+
|
|
2,33 ˂
Nilai ≤ 2,66
|
B-
|
BAIK
|
2,66 ˂
Nilai ≤ 3,00
|
B
|
|
3,00 ˂
Nilai ≤ 3,33
|
B+
|
|
3,33 ˂
Nilai ≤ 3,66
|
A-
|
SANGAT BAIK
|
3,66 ˂
Nilai ≤ 4,00
|
A
|
3.
Penilaian
Pengetahuan
a.
Jenis/teknik penilaian
Ujian tulis
b.
Bentuk Instrumen dan
instrumen
Soal ujian tulis
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
No
|
ASPEK DAN SOAL
UJI TULIS
|
Jawaban
|
1.
|
Fakta
a.
Sebutkan
berbagai keterampilan gerak melempar dan menangkap bola permainan
kasti!
b.
Sebutkan
berbagai keterampilan gerak memukul bola permainan
kasti!
|
|
2.
|
Konsep
a.
Jelaskan
berbagai keterampilan gerak melempar dan menangkap bola permainan
kasti!
b.
Jelaskan
berbagai keterampilan gerak memukul bola permainan
kasti!
|
|
3.
|
Prosedur
a. Jelaskan cara melakukan berbagai keterampilan gerak
melempar dan menangkap bola permainan kasti!
b. Jelaskan cara melakukan berbagai keterampilan gerak
memukul bola permainan kasti!
|
c.
Pedoman penskoran
1)
Penskoran
a)
Soal nomor 1
(1)
Skor 3, jika jenis
disebut secara lengkap
(2)
Skor 2, jika jenis
disebut secara kurang lengkap
(3)
Skor 1, jika jenis
disebut tidak lengkap
b)
Soal nomor 2
(1)
Skor 4, jika penjelasan
benar dan lengkap
(2)
Skor 3, jika penjelasan
benar tetapi kurang lengkap
(3)
Skor 2, jika sebagian
penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
(4)
Skor 1, jika hanya
sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
c)
Soal nomor 3
(1)
Skor 3, jika jenis
disebut secara lengkap
(2)
Skor 2, jika jenis
disebut secara kurang lengkap
(3)
Skor 1, jika jenis
disebut tidak lengkap
d)
Soal nomor 4
(1)
Skor 4, jika urutan benar
dan lengkap
(2)
Skor 3, jika urutan benar
tetapi kurang lengkap
(3)
Skor 2, jika sebagian
urutan tidak benar dan kurang lengkap
(4)
Skor 1, jika hanya
sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap.
2)
Pengolahan skor
Skor maksimum: 24
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai sikap yang diperoleh peserta didik: SP/24 X 4
Rentang nilai pengetahuan:
Nilai
|
Predikat
|
0,00 ˂ Nilai ≤
1,00
|
D
|
1,00 ˂
Nilai ≤ 1,33
|
D+
|
1,33 ˂
Nilai ≤ 1,66
|
C-
|
1,66 ˂
Nilai ≤ 2,00
|
C
|
2,00
˂ Nilai ≤
2,33
|
C+
|
2,33 ˂
Nilai ≤ 2,66
|
B-
|
2,66 ˂
Nilai ≤ 3,00
|
B
|
3,00 ˂
Nilai ≤ 3,33
|
B+
|
3,33 ˂
Nilai ≤ 3,66
|
A-
|
3,66 ˂
Nilai ≤ 4,00
|
A
|
4.
Penilaian
Keterampilan
a.
Lembar pengamatan proses
variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, dan memukul bola
permainan kasti.
1)
Jenis/teknik penilaian
Uji unjuk kerja oleh rekan
sejawat (dalam permainan)
2)
Bentuk Instrumen dan
instrumen
Peserta
didik diminta untuk melakukan variasi dan kombinasi keterampilan gerak
melempar, menangkap, dan memukul bola permainan kasti yang dilakukan
berpasangan, berkelompok dalam bentuk bermain.
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
Petugas Pengamatan :
...........................................................
a)
Petunjuk Penilaian
Berikan tanda cek (√) pada kolom yang
sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan keterampilangerak yang
diharapkan.
b)
Rubrik
Penilaian Keterampilan Gerak
No.
|
Indikator Penilaian
|
Hasil Penilaian
|
||
Baik
(3)
|
Cukup (2)
|
Kurang (1)
|
||
1.
|
Sikap awalan melakukan gerakan
|
|||
2.
|
Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
|
|||
3.
|
Sikap akhir melakukan gerakan
|
|||
Skor Maksimal (9)
|
3)
Pedoman penskoran
a)
Penskoran
(1)
Sikap
awalan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)
pandangan
mata ke arah datangnya bola
(b)
badan
sedikit dicondongkan ke depan dan berat badan terletak di antara kedua kaki.
(c)
lutut
ditekuk, badan condong ke depan dan jaga keseimbangan
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
(2)
Sikap
pelaksanaan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)
bola didorong dari depan
(b)
kedua lengan lurus ke
depan
(c)
badan dicondongkan ke
depan
(d)
pandangan mata tertuju
pada lepasnya bola
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara
benar.
(3)
Sikap akhir melakukan
gerakan
Skor Baik jika :
(a)
badan
tetap condong ke depan
(b)
pandangan
mata tertuju pada lepasnya bola
(c)
kaki
kiri ke depan dan kaki kanan di belakang
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
b)
Pengolahan skor
Skor maksimum: 9
Skor perolehan peserta didik: SP
Nilai keterampilan yang diperoleh peserta didik: SP/9
X 4
Rentang nilai keterampilan:
Nilai
|
Predikat
|
0,00 ˂ Nilai ≤
1,00
|
D
|
1,00 ˂
Nilai ≤ 1,33
|
D+
|
1,33 ˂
Nilai ≤ 1,66
|
C-
|
1,66 ˂
Nilai ≤ 2,00
|
C
|
2,00
˂ Nilai ≤
2,33
|
C+
|
2,33 ˂
Nilai ≤
2,66
|
B-
|
2,66 ˂
Nilai ≤ 3,00
|
B
|
3,00 ˂
Nilai ≤ 3,33
|
B+
|
3,33 ˂
Nilai ≤ 3,66
|
A-
|
3,66 ˂
Nilai ≤ 4,00
|
A
|
b.
Lembar pengamatan
penilaian hasil variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap,
dan memukul bola permainan kasti.
1)
Penilaian hasil
keterampilan gerak melempar dan menangkap bola
a)
Tahap pelaksanaan
pengukuran
Penilaian hasil/produk keterampilan gerak
melempar dan menangkap bola dilakukan peserta didik selama 30 detik dengan
dengan cara :
(1)
Mula-mula peserta didik
berdiri dengan memegang bola.
(2)
Setelah petugas
pengukuran memberi aba-aba “mulai” peserta didik mulai melempar dan menangkap bola
ke tembok dengan jarak 5 meter.
(3)
Petugas menghitung
ulangan/pantulan bola yang dapat dilakukan oleh peserta didik.
(4)
Jumlah ulangan/pantulan
bola yang dilakukan dengan benar memenuhi persyaratan dihitung untuk diberikan
skor.
b)
Konversi jumlah ulangan
dengan skor
Perolehan
Nilai
|
Kriteria
Pengskoran
|
Klasifikasi
Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
……. > 25 kali
|
……. > 20 kali
|
100%
|
Sangat Baik
|
20 – 24 kali
|
16 – 19 kali
|
90%
|
Baik
|
15 – 19 kali
|
12 – 15 kali
|
80%
|
Cukup
|
11 – 14 kali
|
8 – 11 kali
|
70%
|
Kurang
|
……
< 10 kali
|
……
< 7 kali
|
60%
|
Kurang
Sekali
|
2)
Penilaian hasil
keterampilan gerak memukul bola
a)
Tahap pelaksanaan
pengukuran
Penilaian hasil/produk keterampilan gerak
memukul bola dilakukan peserta didik sebanyak 6 kali pukulan dengan cara :
(1)
Mula-mula peserta didik
berdiri dengan memegang penukul.
(2)
Setelah petugas
pengukuran memberi aba-aba “mulai” peserta didik mulai memukul bola yang
dilambungkan oleh teman sebanyak 6 kali pukulan.
(3)
Petugas menghitung hasil
pukulan yang dapat dilakukan oleh peserta didik.
(4)
Jumlah pukulan yang
dilakukan dengan benar memenuhi persyaratan dihitung untuk diberikan skor.
b)
Konversi jumlah ulangan
dengan skor
Perolehan
Nilai
|
Kriteria
Pengskoran
|
Klasifikasi
Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
……. > Angka 30
|
……. > Angka 25
|
100%
|
Sangat
Baik
|
Angka
25 – 29
|
Angka
20 – 24
|
90%
|
Baik
|
Angka
20 – 24
|
Angka
15 – 19
|
80%
|
Cukup
|
Angka
15 – 19
|
Angka
11 – 14
|
70%
|
Kurang
|
…….
< Angka 14
|
…….
< Angka 10
|
60%
|
Kurang
Sekali
|
c.
Penilaian hasil variasi
dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, dan memukul bola
permainan kasti.
Pengolahan skor keterampilan proses dan
skor keterampilan hasil keterampilan gerak menjadi skor akhir.
Untuk memperoleh skor akhir, perlu diberikan
pembobotan sesuai dengan tujuan akhir dari pembelajaran (contoh 70% untuk skor
keterampilan proses keterampilan gerak, dan 30% untuk skor keterampilan hasil
gerak), maka skor akhir keterampilan gerak adalah :
Skor penilaian proses X
70% = .............. ditambah dengan
Skor hasil gerak X 30% = .............. sama dengan
............
d.
Rentang nilai
keterampilan gerak:
Nilai
|
Predikat
|
0,00 ˂ Nilai ≤
1,00
|
D
|
1,00 ˂
Nilai ≤ 1,33
|
D+
|
1,33 ˂
Nilai ≤ 1,66
|
C-
|
1,66 ˂
Nilai ≤ 2,00
|
C
|
2,00
˂ Nilai ≤
2,33
|
C+
|
2,33 ˂
Nilai ≤ 2,66
|
B-
|
2,66 ˂
Nilai ≤ 3,00
|
B
|
3,00 ˂
Nilai ≤ 3,33
|
B+
|
3,33 ˂
Nilai ≤ 3,66
|
A-
|
3,66 ˂
Nilai ≤ 4,00
|
A
|
REKAPITULASI PENILAIAN
Sekolah : SMP Muhammadiyah WONOSOBO
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 3x 40 menit
(1
pertemuan x 3 jam pelajaran)
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek-Aspek
Penilaian
|
Keterangan
|
||||||||||||||
Sikap
|
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
|||||||||||||||
SR
|
KS
|
SP
|
TJ
|
DP
|
∑
|
UT
|
UL
|
TG
|
∑
|
Proses
|
Hasil
|
∑
|
|||||
AW
|
PL
|
AK
|
|||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||||
5.
|
|||||||||||||||||
6.
|
|||||||||||||||||
7.
|
|||||||||||||||||
8.
|
|||||||||||||||||
9.
|
|||||||||||||||||
10.
|
|||||||||||||||||
dst
|
Keterangan :
SR : Sikap religius
KS : Kerja sama
SP : Sportivitas
TJ : Tanggung jawab
DP : Disiplin
UT : Ulangan Tulis
UL : Ulangan Lisan
TG : Penugasan
∑ : Jumlah
Mengetahui
Kepala Sekolah
![]()
NIP. 19820101
200501 1 001
|
Wonosobo, 18 Des 2015
Guru Mata Pelajaran
![]()
NIM.
13601241086
|
No comments:
Post a Comment