RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : S M P N FIK UNY
Kelas/Semester : IX / 1 (satu )
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Alokasi Waktu : 2 Pertemuan ( 6 JP )
A. Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar :
1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani,
permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a. Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
b. Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir.
c. Membiasakan
berperilaku baik dalam berolahraga dan latihan.
2.1
Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana
pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar.
3.6 Memahami
konsep variasi dan kombinasi keterampilan dasar senam lantai dalam bentuk
rangkaian sederhana.
4.6 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi keterampilan dasar
senam lantai dalam bentuk rangkaian sederhana.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
KD 1 :
1.1.1. Melakukan doa sebelum memulai pembelajaran .
1.1.2. Menunjukan sikap berusaha semaksimal mungkin dalam
melakukan pembelajaran.
1.1.3. Menunjukan perilaku baik dengan melakukan gerakan
sesuai fungsi tubuh.
1.1.4. Melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan
sesudah pembelajaran.
KD 2 :
2.1.1. Saat bermain menunjukan sikap sportif (jujur,
saling menghargai, sungguh-sungguh, bertanggung jawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan kerja sama)
2.1.2. Merapikan kembali alat yang sudah digunakan
KD 3 :
3.1.1 Menyebutkan konsep variasi pada senam
lantai kayang
3.1.2 Menyebutkan konsep kombinasi pada senam
lantai kayang
KD
4 :
4.1.1
Melakukan
variasi panda senam lantai kayang
4.1.2
Melakukan kombinasi pada senam lantai kayang
D. Materi Pembelajaran :
1. Materi pembelajaran reguler
Sikap Kayang
Caranya adalah sikap berdiri
membelakangi matras dengan kedua kaki agak dibuka dan kedua tangan
diayunkan ke belakang, ke atas secara perlahan hingga kedua telapak tangan menempel
pada matras. Kemudian secara perlahan berdiri tegak.

2.
Materi
pembelajaran remedial
Pembeljaran remidial
dilakukan pada siswa yang nilainya berada di bawah KKM yang telah ditentukan.
Siswa yang nilainya kurang memenuhi akan
mendapat pembelajaran ulang seperti yang telah diberikan sebelumnya dan siswa
diberikan waktu untuk berlatih agar mereka dapat mencapai nilai standar minimal
KKM. Materi pembelajaran remidial sama seperti dengan materi pembelajaran yang telah diajarkan
yaitu kayang
E. Kegiatan
Pembelajaran
a. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
1) Siswa
dikumpulkan , disiapkan, berbaris, dilanjutkan berd’oa, presensi, apersepsi,
diberiakan pengarahan serta tujuan pembelajaran.
2) Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya, yaitu dengan
cara memberi beberapa pertanyaan mengenai materi yang
telah dipelajari sebelumnya.
3) Guru
menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu memahami
konsep senam lantai kayangdepan
dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4) Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu
melakukan kayang
b. Kegiatan
Inti (80 menit)
1) Mengamati
· Membaca
informasi tentang konsep variasi dan kombinasi keterampilan dasar senam lantai
dalam bentuk rangkaian sederhana dari
berbagai sumber baik cetak maupun elektronik dan membuat kesimpulannya, atau
· Mengamati
peragaan guru/teman tentang berbagai latihan variasi dan kombinasi keterampilan
gerak rangkai senam lantai secara
langsung/TV/Video dan membuat catatan
hasil pengamatan tentang variasi dan kombinasi keterampilan gerak rangkai senam
lantai
2) Menanya
· Peserta
didik secara bergantian saling bertanya tentang
berbagai bentuk rangkai senam dasar.
· Mempertanyakan
dampak latihan senam lantai terhadap kebugaran dan kesehatan tubuh
3) Mengumpulkan
informasi/data/ mencoba
· Melakukan
gerak guling ke depan dengan berbagai variasi awalan dengan menunjukkan sikap
percaya diri.
4) Menalar/mengasosiasi
· Menemukan
hubungan variasi posisi awalan dengan sikap akhir serta menemukan
kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam
(kayang
5) Mengomunikasikan
· Menerapkan
berbagai variasi keterampilan gerak berguling ke depan dengan menunjukkan
perilaku disiplin, kerjasama, dan percaya diri.
· Bertanggung
jawab dalam menggunakan dan merawat peralatan peramaian
· Menunjukkan
perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
· Memberikan
saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
· Memaparkan
hasil diskusi berkaitan dengan tentang
keterampilan gerak jalan cepat dengan menunjukkan kerjasama
c.
Kegiatan Penutup (25
menit)
1) Guru
bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan
kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengamati gerakan kayang merumuskan pertanyaan,
mengumpulkan informasi dengan cara membaca buku siswa, menjawab pertanyaan
dengan informasi yang diperoleh, dan mencoba dengan cara mempraktekkan langsung
di lapangan)
2)
Memberikan
umpan balik dan penugasan pada peserta didik
3) Berbaris,
berdoa, lalu dibubarkan
F. Penilaian
1. Penilaian Pengetahuan
a. Teknik penilaian : tes tertulis
b. Butir
Soal Pengetahuan
No.
|
Butir
Pertanyaan
|
Kriteria
Pensekoran
|
Nilai Akhir
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
Σ
|
|||
1.
|
Jelaskan cara melakukan teknik senam lantai kayang
|
||||||
2.
|
Jelaskan kesalahan yang sering terjadi saat senam
lntai kayang.
|
Kriteria Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
· Skor
3 : jika peserta didik mampu menjelaskan tentang gerak dasar
fundamental teknik dasar kayang dengan jelas dan runtut
· Skor
2 : jika peserta didik mampu menjawab dua pertanyaan di atas tapi tidak runtut.
· Skor
1 : jika peserta didik mampu menjawab
salah satu pertanyaan tersebut.
· Skor 0 : jika peserta didik tidak mampu menjawab kedua
pertanyaan tersebut.
2.
Keterampilan
a. TeknikPenilaian:Observasi
b. Kisi-kisi:
Lembar Observasi Keterampilan
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Kualitas Gerakan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Rangkaian gerak guling
depan
|
Petunjuk Penilaian :
1. Kriteria kayang yang benar:
1.
sikap berdiri membelakangi matras dengan kedua kaki agak dibuka
2.
kedua tangan diayunkan ke belakang,
3.
ke atas secara perlahan hingga kedua telapak tangan menempel
pada matras
4. Kemudian secara perlahan berdiri
tegak
SKOR
|
KETERANGAN
|
4
|
Jika peserta didik
memenuhi kriteria 1,2,3,4
|
3
|
Jika peserta didik
memenuhi kriteria 1,2,3
|
2
|
Jika peserta didik
memenuhi kriteria 1,2
|
1
|
Jika peserta didik
memenuhi kriteria 1
|
2. Sikap spiritual
a.
TeknikPenilaian: Observasi
b.
Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c. Kisi-kisi:
No.
|
Indikator penilaian Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
Berdoa sebelum dan
sesudah pelajaran
|
1
|
|
Menggunakan pakaian
dan sepatu olahraga ketika berolahraga
|
2
|
|
3.
|
Melakukan
pemanasan sebelum dan sesudah pelajaran
|
3
|
4.
|
Berperilak
baik dengan menggerakan tubuh sesuai fungsinya
|
4
|
Instrumen : Lihat lampiran 1
3. Sikap sosial
a.
TeknikPenilaian: observasi
b.
Bentuk Instrumen: skala sikap
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1. 1
|
Saat
bermain menunukan sikap sportif
|
1
|
Berhati-hati atas
keselamatan diri dan orang lain dalam melakukan latihan
|
2
|
|
Mengembalikan
alat
|
3
|
|
4.
|
Mentaati
aturan dalam mengikuti pelajaran
|
4
|
Instrumen : lihat Lampiran 1
Lampiran 1 Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial:
Lembar Observasi Sikap Spiritual
No.
|
Perilaku yang diharapkan
|
pengamatan
|
(Skor)
|
||
1.
|
Melakukan doa sebelum
dan sesudah pelajaran
|
|
2.
|
Menggunakan pakaian
olahraga yang santun saat pembelajaran penjasorkes
|
|
3
|
Melakukan
pemanasan sebelum dan sesudah pelajaran
|
|
4
|
Berperilak
baik dengan menggerakan tubuh sesuai fungsinya
|
|
Jumlah skor maksimal :
16
|
Nilai sikap spiritual = Jumlah skor : Jumlah skor
maksimal X 100
Lembar Observasi Sikap Sosial
No.
|
Perilaku yang diharapkan
|
pengamat
|
(Skor)
|
||
1.
|
Saat
bermain menunukan sikap sportif
|
|
2.
|
Berhati-hati atas
keselamatan diri dan orang lain dalam melakukan pelajaran
|
|
3.
|
Mengembalikan
alat
|
|
4.
|
Mentaati peraturan
dalam mengikuti pelajaran
|
|
Jumlah skor maksimal =
16
|
Nilai sikap spiritual = Jumlah skor : Jumlah skor
maksimal x 100
Petunjuk PenilaianSikap Spiritual dan Sosial :
SKOR
|
NILAI KUALITATIF
|
4
|
Sangat Baik
|
3
|
Baik
|
2
|
Cukup
|
1
|
Kurang
|
G.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/alat
a.
Gambar pearaga gerak
dasar fundamentalan langkah kaki dan ayuna lengan
b. Video : cara melakukan gerakan guling lenting. 2015.
Sport center. (tersedia di https://youtu.be/w0prtvk9ieu) diunduh tanggal 11 januari 2015
c. Lapangan
d. matras
2.
Sumber
Belajar
a. Buku
pegangan guru dan peserta didik SMP Kelas IX Muhajir, Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan, Jakarta : Puskurbuk Kemdikbud RI
MENGETAHUI, GURU
MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH
............................................ ERLAN DWI RUSIANTO
No comments:
Post a Comment