Labels

RPP Senam kayang penjas SMP kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

   Sekolah                           :  S M P N FIK UNY
Kelas/Semester               :  IX / 1 (satu )
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan        
Alokasi Waktu               : 2 Pertemuan ( 6 JP )

A. Kompetensi Inti :           
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar :               
1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a. Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
b. Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir.
c. Membiasakan berperilaku baik dalam berolahraga dan latihan.
2.1    Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2    Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.

3.6  Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan dasar senam lantai dalam bentuk rangkaian sederhana.
4.6 Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dasar senam lantai dalam bentuk rangkaian sederhana.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
KD 1 :
1.1.1. Melakukan doa sebelum memulai pembelajaran .
1.1.2. Menunjukan sikap berusaha semaksimal mungkin dalam melakukan pembelajaran.
1.1.3. Menunjukan perilaku baik dengan melakukan gerakan sesuai fungsi tubuh.
1.1.4. Melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah pembelajaran.
KD 2 :
2.1.1. Saat bermain menunjukan sikap sportif (jujur, saling menghargai, sungguh-sungguh, bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan kerja sama)
2.1.2. Merapikan kembali alat yang sudah digunakan
KD 3 :
3.1.1 Menyebutkan konsep variasi pada senam lantai kayang
3.1.2 Menyebutkan konsep kombinasi pada senam lantai kayang
KD 4 :
4.1.1 Melakukan variasi panda senam lantai kayang
4.1.2 Melakukan kombinasi pada senam lantai kayang


D.  Materi Pembelajaran :
1.      Materi pembelajaran reguler
Sikap Kayang
Caranya adalah sikap berdiri membelakangi matras dengan kedua kaki agak dibuka dan kedua  tangan diayunkan ke belakang, ke atas secara perlahan hingga kedua telapak tangan menempel pada matras. Kemudian secara perlahan berdiri tegak.

2.      Materi pembelajaran remedial
Pembeljaran remidial dilakukan pada siswa yang nilainya berada di bawah KKM yang telah ditentukan. Siswa yang nilainya kurang memenuhi  akan mendapat pembelajaran ulang seperti yang telah diberikan sebelumnya dan siswa diberikan waktu untuk berlatih agar mereka dapat mencapai nilai standar minimal KKM. Materi pembelajaran remidial sama seperti dengan materi pembelajaran yang telah diajarkan yaitu kayang

E. Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1)      Siswa dikumpulkan , disiapkan, berbaris, dilanjutkan berd’oa, presensi, apersepsi, diberiakan pengarahan serta tujuan pembelajaran.
2)      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu dengan cara memberi beberapa pertanyaan mengenai materi yang telah dipelajari sebelumnya.
3)      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu memahami konsep senam lantai kayangdepan dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4)      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu melakukan kayang

b.      Kegiatan Inti (80 menit)
1)      Mengamati
·      Membaca informasi tentang konsep variasi dan kombinasi keterampilan dasar senam lantai dalam bentuk rangkaian sederhana dari berbagai sumber baik cetak maupun elektronik dan membuat kesimpulannya, atau
·      Mengamati peragaan guru/teman tentang berbagai latihan variasi dan kombinasi keterampilan gerak rangkai senam lantai  secara langsung/TV/Video dan  membuat catatan hasil pengamatan tentang variasi dan kombinasi keterampilan gerak rangkai senam lantai

2)      Menanya
·      Peserta didik secara bergantian saling bertanya tentang  berbagai bentuk rangkai senam dasar.
·      Mempertanyakan dampak latihan senam lantai terhadap kebugaran dan kesehatan tubuh

3)      Mengumpulkan informasi/data/ mencoba
·      Melakukan gerak guling ke depan dengan berbagai variasi awalan dengan menunjukkan sikap percaya diri.

4)      Menalar/mengasosiasi
·      Menemukan hubungan variasi posisi awalan dengan sikap akhir serta menemukan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam  (kayang

5)      Mengomunikasikan
·      Menerapkan berbagai variasi keterampilan gerak berguling ke depan dengan menunjukkan perilaku disiplin, kerjasama, dan percaya diri.
·      Bertanggung jawab dalam menggunakan dan merawat peralatan peramaian
·      Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·      Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
·      Memaparkan hasil diskusi berkaitan dengan  tentang keterampilan gerak jalan cepat dengan menunjukkan kerjasama

c.       Kegiatan Penutup (25 menit)

1)      Guru bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengamati gerakan kayang merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi dengan cara membaca buku siswa, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh, dan mencoba dengan cara mempraktekkan langsung di lapangan)
2)      Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
3)      Berbaris, berdoa, lalu dibubarkan

F.  Penilaian
      1.   Penilaian Pengetahuan
a.       Teknik penilaian : tes tertulis
b.      Butir Soal Pengetahuan

No.
Butir Pertanyaan
Kriteria Pensekoran
Nilai Akhir
0
1
2
3
Σ
1.
Jelaskan cara melakukan teknik senam lantai kayang






2.
Jelaskan kesalahan yang sering terjadi saat senam lntai kayang.







Kriteria Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
·   Skor 3 : jika peserta didik mampu menjelaskan tentang gerak dasar
fundamental teknik dasar kayang dengan jelas dan runtut
·   Skor 2 : jika peserta didik mampu menjawab dua pertanyaan di atas tapi tidak runtut.
·   Skor 1 : jika peserta didik mampu menjawab salah satu pertanyaan tersebut.
·   Skor 0 : jika peserta didik tidak mampu menjawab kedua pertanyaan tersebut.

2.      Keterampilan
a.       TeknikPenilaian:Observasi
b.      Kisi-kisi:
Lembar Observasi Keterampilan
No.
Aspek yang dinilai
Kualitas Gerakan
1
2
3
4
1.
Rangkaian gerak guling depan
Petunjuk Penilaian :
1.      Kriteria kayang yang benar:
1.    sikap berdiri membelakangi matras dengan kedua kaki agak dibuka
2.    kedua  tangan diayunkan ke belakang,
3.    ke atas secara perlahan hingga kedua telapak tangan menempel pada matras
4.    Kemudian secara perlahan berdiri tegak
SKOR
KETERANGAN
4
Jika peserta didik memenuhi kriteria 1,2,3,4
3
Jika peserta didik memenuhi kriteria 1,2,3
2
Jika peserta didik memenuhi kriteria 1,2
1
Jika peserta didik memenuhi kriteria 1







2.      Sikap spiritual
a.                   TeknikPenilaian: Observasi
b.                  Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c.    Kisi-kisi:




No.
Indikator penilaian Sikap/nilai
Butir Instrumen
Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran
1
Menggunakan pakaian dan sepatu olahraga ketika berolahraga
2
3.                   
Melakukan pemanasan sebelum dan sesudah pelajaran
3
4.                   
Berperilak baik dengan menggerakan tubuh sesuai fungsinya
4

Instrumen : Lihat lampiran 1

3.      Sikap sosial
a.                   TeknikPenilaian: observasi
b.                  Bentuk Instrumen: skala sikap
c.                   Kisi-kisi:

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.      1
Saat bermain menunukan sikap sportif
1
Berhati-hati atas keselamatan diri dan orang lain dalam melakukan latihan
2
Mengembalikan alat
3
4.                   
Mentaati aturan dalam mengikuti pelajaran
4

Instrumen : lihat Lampiran 1












Lampiran 1 Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial:

Lembar Observasi Sikap Spiritual
No.
Perilaku yang diharapkan
pengamatan
 (Skor)
1.
Melakukan doa sebelum dan sesudah pelajaran
2.
Menggunakan pakaian olahraga yang santun saat pembelajaran penjasorkes
3
Melakukan pemanasan sebelum dan sesudah pelajaran

4
Berperilak baik dengan menggerakan tubuh sesuai fungsinya

Jumlah skor maksimal : 16
            Nilai sikap spiritual =  Jumlah skor : Jumlah skor maksimal  X 100

Lembar Observasi Sikap Sosial
No.
Perilaku yang diharapkan
pengamat
 (Skor)
1.
Saat bermain menunukan sikap sportif
2.
Berhati-hati atas keselamatan diri dan orang lain dalam melakukan pelajaran
3.
Mengembalikan alat
4.
Mentaati peraturan dalam mengikuti pelajaran
Jumlah skor maksimal = 16
            Nilai sikap spiritual =  Jumlah skor : Jumlah skor maksimal  x  100

Petunjuk PenilaianSikap Spiritual dan Sosial :
SKOR
NILAI KUALITATIF
4
Sangat Baik
3
Baik
2
Cukup
1
Kurang







G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar

1.      Media/alat
a.       Gambar pearaga gerak dasar fundamentalan langkah kaki dan ayuna lengan
b.      Video : cara melakukan gerakan guling lenting. 2015. Sport center. (tersedia di https://youtu.be/w0prtvk9ieu) diunduh tanggal 11 januari 2015
c.       Lapangan
d.      matras

2.      Sumber Belajar
a.       Buku pegangan guru dan peserta didik SMP Kelas IX Muhajir, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Jakarta : Puskurbuk Kemdikbud RI




       MENGETAHUI,                                                 GURU MATA PELAJARAN
    KEPALA SEKOLAH                                                                                                               



............................................                                        ERLAN DWI RUSIANTO



No comments:

Post a Comment

Featured post

Lembar PAS Penjas kelas 6 Semester 2 (Raport PJOK)

Untuk Guru Penjas tentu saat akhir semsester mengumpulkan nilai kepada Wali kelas namun formulir yang dikumpulkan kepada wali kelas ...